Dinas Perikanan Tanbu Panen Perdana Ikan Hasil Teknologi Bioflok

Dinas Perikanan Tanbu Panen Perdana Ikan Hasil Teknologi Bioflok

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan menggelar kegiatan panen perdana ikan nila hasil uji coba teknologi bioflok, Senin (20/12/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di halaman Kantor Dinas Perikanan Tanah Bumbu, ini dihadiri Kepala Dinas Perikanan Yulian Herawati beserta jajaran, Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin, Ketua TP PKK Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah, Ketua DWP Tanbu Hj Hasnah Mashude.

Kadis Perikanan Yulian Herawati ketika diwawancara menyampaikan bahwa panen perdana ikan nila hasil uji coba teknologi bioflok ini merupakan kegiatan tindak lanjut setelah sebelumnya pada bulan Oktober lalu dimulai penebaran bibit ikan.

Melalui teknologi bioflok ini didapatkan masa panen yang relatif lebih singkat yakni sekitar 2 bulan lebih. Selain itu kualitas bibit yang digunakan juga membuat angka kehidupan ikan menjadi tinggi.

Disebutkan Yulian sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas bioflok ini seperti kualitas air dengan kandungan yang harus diperhatikan, dan penggunaan bibit ikan yang berkualitas unggul.

“Ada yang mengaku menggunakan bioflok tapi tiap hari ganti air itu namanya tidak optimal, kami sendiri jarang mengganti mengganti air bahkan bisa digunakan dua minggu lebih mengingat kualitas air yang memang kami jaga,” sebut Yulian.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi percontohan kepada masyarakat tentang bagaimana penggunaan teknologi bioflok yang baik dan benar.

“Lahan lahan masyarakat yang tidak dipergunakan bisa kita manfaatkan untuk berbudidaya ikan,” ujarnya.

Bahkan menurut Kepala Dinas Perikanan itu penggunaan teknologi bioflok ikan air tawar ini dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi masyarakat.

Pihaknya sangat terbuka dan siap memberikan bimbingan ataupun mengajarkan hal ini kepada masyarakat yang ingin belajar budidaya ikan menggunakan teknologi ikan.

“Silahkan apabila ada yang mau belajar kami selalu terbuka,” ujarnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *