Usai Perombakan Jumlah RT, Kades Desa Sumber Baru Lantik Ketua RT dan Sekretaris RT Baru

Usai Perombakan Jumlah RT, Kades Desa Sumber Baru Lantik Ketua RT dan Sekretaris RT Baru

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Kepala Desa Sumber Baru, Dwi Purnani melantik Ketua RT dan Sekretaris RT bertempat di Kantor Balai Rakyat Desa Sumber Baru, Kecamatan angsana, Kamis (13/01/2022).

Adapun Desa Sumber Baru yang dulu mempunyai 7 Dusun dan 25 RT, kini berubah jumlahnya menjadi 3 Dusun dan 12 RT.

“Perombakan jumlah Dusun ini mengingat seiring berjalannya waktu ada Perbup (Peraturan Bupati) yang mengatur Kadus (Kepala Dusun) menjadi staf maka ada penggabungan Dusun yang dulunya 7 dusun jadi 3 dusun,” jelas Dwi Purnani.

Demikian untuk jumlah RT, dijelaskan bahwa untuk tahun 2021 Pemerintahan Desa Sumber Baru juga telah merombak RT yang dulunya berjumlah 25 sekarang berjumlah 12.

“Hal ini juga bersamaan dengan adanya Perbup yang mengatur bahwa di satu RT minimal ada 75 KK, oleh karena itu kami mengajukan Perdes untuk penggabungan RT dari 25 menjadi 12 RT,” pungkas Kepala Desa Sumber Baru itu.

Penunjukkan para Ketua RT di Desa Sumber Baru ini juga tidak serta merta, melainkan sebelumnya warga desa telah mengikuti Pemilihan Ketua RT yang berlangsung dari tanggal 29 Desember 2021 hingga 6 Januari 2022 lalu.

“Alhamdulilah Pemilihan RT berlangsung secara demokratis yang diikuti masyarakat desa dengan dipimpin oleh Agus Kriswanto sebagai Ketua panitia pemilihan,” ucap Dwi.

Selain itu Kades Sumber Baru itu juga merasa bangga mengingat para Ketua RT dan Sekretaris RT yang dilantik rata-rata merupakan lulusan SMP dan SMA, bahkan salah seorang Ketua RT ada yang lulusan sarjana S1 yakni Sunarti, Ketua RT 12 Dusun Barokah.

“Mudah-mudahan didukung dengan pendidikan yang rata-rata SMP dan SMA ini, semoga akan sangat membantu jalannya roda pemerintahan yang ada di desa mengingat seringnya penggunaan sistem aplikasi dan cara kerjanya,” ujar Kades.

Dalam kesempatan tersebut, para Ketua RT dan Sekretaris RT yang sudah menjalani masa purna tugas diberikan kenang-kenangan berupa satu lembar kain sasirangan sebagai bentuk ungkapan terima kasih Ibu Kades.

Sementara itu untuk Ketua RT dan Sekretaris RT yang baru dilantik, Kades Sumber Baru berpesan untuk segera mempersiapkan diri untuk bertugas dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Desa Sumber Baru.

“Semoga kerjasamanya dari Ketua RT agar terus terjalin dan terkoordinasi dengan baik dan kedepannya semoga kita juga ikut melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan demi mendukung Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” harap Dwi Purnani. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *