Wujudkan Jurnalisme Yang Kompeten, Puluhan Wartawan di Tanbu Ikuti OKK

Wujudkan Jurnalisme Yang Kompeten, Puluhan Wartawan di Tanbu Ikuti OKK

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Puluhan Wartawan yang tergabung di dalam Media Cetak atau Media Online di Bumi Bersujud mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK), Selasa (01/02/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanah Bumbu ini dilaksanakan bertempat di Ruang Angsana Lt. 3 Hotel Ebony Batulicin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PWI Kalsel Zainal Hilmie serta Ketua Dewan Kehormatan PWI Kalsel Faturrahman yang sekaligus bertindak sebagai narasumber atau pemateri dalam kegiatan tersebut.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Kalsel Faturrahman dalam kesempatannya menyampaikan pentingnya bagi wartawan untuk mengikuti UKW (Uji Kompetensi Wartawan) guna meningkatkan kompetensi jurnalis.

Menurutnya untuk menjadi seorang wartawan haruslah memenuhi sejumlah persyaratan atau kualifikasi untuk memastikan penggiat profesi ini merupakan orang yang benar-benar berkompeten di bidangnya.

Terlebih selain harus berkompeten, Faturrahman juga menekankan kepada wartawan agar harus menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik sebagai prinsip moral serta pedoman dalam setiap tindakan yang akan dilakukan.

“Seperti layaknya profesional lainnya seperti dokter atau pengacara, kita sebagai wartawan haruslah mentaati yang namanya kode etik atau etika profesi sehingga apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita dapat terlaksana dengan baik,” sebut Faturrahman.

Sementara itu Ketua PWI Kalsel Zainal Hilmie dalam kegiatan tersebut memberikan pengenalan terkait PWI serta perannya sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers.

Zainal mengungkapkan bahwa PWI Kalsel saat ini tengah berfokus terhadap pembinaan wartawan muda yang ada di daerah yang menurutnya mempunyai potensi untuk terus berkembang lebih baik.

“Melalui kegiatan ini kita ingin membekali agar anda harus tau apa itu jurnalistik, apa itu peran wartawan, apa itu organisasi kewartawanan, serta sejarah singkat yang ada di dalamnya,” pungkas Ketua PWI Kalsel itu kepada para peserta.

Ia berharap selain kegiatan OKK ini, para wartawan juga diharapkan kedepannya mengikuti UKW sebagai salah satu upaya dalam mencetak wartawan yang berkualitas juga sebagai salah satu persyaratan penerimaan anggota PWI.

Adapun sebelum kegiatan OKK ini berlangsung, PWI Tanbu juga melaksanakan pemilihan Ketua PWI Tanbu Periode 2022-2024 yang dimenangkan oleh Slamet Riyadi secara aklamasi setelah pesaingnya yakni Kristiawan Mukhsin menyatakan mundur demi menjaga keharmonisan organisasi. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *