Bupati Tanbu Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD

Bupati Tanbu Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa (08/02/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dan dihadiri Sekretaris Daerah, Forkopimda unsur Stakeholder serta tamu undangan.

Kepala Bappeda Tanbu Andi Anwar Sadat selaku Ketua Panitia kegiatan menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik ini melewati berbagai rancangan tahapan yang dilaksanakan guna mematangkan rencana pembangunan sebelum merumuskan rancangan akhir.

Hal ini berdasarkan Permendagri No. 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa RKPD perlu dibahas bersama-sama dengan perangkat daerah dalam konsultasi publik.

Ia menyampaikan bahwa secara umum tujuan Forum Konsultasi Publik ini adalah menyepakati program atau kegiatan prioritas, hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik.

Rancangan awal RKPD yang telah disempurnakan akan menjadi lampiran Surat Edaran Bupati tentang penyempurnaan rancangan awal perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Tamah Bumbu.

“Melalui forum ini diharapkan penyusunan dokumen RKPD ini kita dapat memperoleh masukan dan saran dalam rangka penyempurnaan dokumen rancangan RKPD Tahun Rencana 2023,” pungkas Andi.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutannya mengajak kepada para peserta forum untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab.

Menurut Bupati kegiatan ini merupakan momen strategis dalam upaya melakukan pemahaman yang lebih maksimal terhadap rancangan rencana kerja yang akan dilakukan kedepan.

Terlebih apa yang menjadi rancangan RKPD kemudian akan dibahas lebih lanjut dalam Musrenbang yang akan menjadi forum dimana membahas program yang memberikan manfaat atau dampak dari program kegiatan pembangunan daerah.

“Curahkan perhatian dan energi kita agar kemudian kehadiran kita akan sungguh-sungguh memberikan kontribusi demi kepentingan masyarakat dan mencapai apa yang menjadi tujuan dan target kita bersama,” ucap Zairullah. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *