Tingkatkan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, Loka POM Tanbu Gelar FGD Bersama Pemkab Tanbu

Tingkatkan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, Loka POM Tanbu Gelar FGD Bersama Pemkab Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Focus Group Discussion dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) bertempat di Gedung PKK Kapet, Selasa (15/02/2022).

Adapun kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari unsur Pemerintah Daerah seperti Dinas Kesehatan, Dinas KUMP2, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Bappeda, Kecamatan serta intansi terkait lainnya.

Kepala Loka POM Tanbu Rahmat Hidayat, seusai kegiatan saat diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara BPOM dengan Pemerintah Daerah terkait efektivitas pengawasan obat dan makanan yang aman dan bermutu di Kabupaten Tanah Bumbu.

Terlebih saran dan masukan yang disampaikan para peserta melalui kegiatan ini juga akan menjadi catatan bagi Loka POM Tanah Bumbu untuk terus meningkatkan kualitas program-program yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Terkait pengawasan obat dan makanan, kami siap berkoordinasi dan berkolaborasi dengan teman-teman dari SKPD terkait dan sekaligus ini juga merupakan tindak lanjut dari MOU antara BPOM dengan Pemkab Tanbu yang telah ditandatangani pada bulan Mei tahun lalu,” ucap Rahmat.

Tidak hanya bersama Pemerintah Daerah, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) ini juga kerap dilaksanakan Loka Pom Tanbu bersama dengan unsur masyarakat. Selain itu kegiatan lain seperti pendampingan terhadap UMKM dan pengawasan rutin ke retail-retail juga menjadi sebagian dari program Loka POM Tanbu guna memastikan produk pangan yang aman di Bumi Bersujud.

Oleh sebab itu Ketua Loka POM Tanbu juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan cermat dalam memilih produk pangan yang aman sehingga produk yang digunakan dapat terjamin kualitas dan keamanannya.

“Yakni melalui Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa sebelum membeli ataupun mengkonsumsi produk obat dan makanan, semoga dengan ini kita dapat terus sehat terhindar dari produk-produk yang dapat membahayakan,” harap Rahmat. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *