Dilanda Hujan Es dan Angin, Rumah Hancur Ditimpa Pohon Roboh

Dilanda Hujan Es dan Angin, Rumah Hancur Ditimpa Pohon Roboh

Obsesirakyat.com, Nganjuk – Fenomena alam yang unik namun juga merepotkan terjadi di kota Nganjuk, Senin (21/2/2022) sekitar puku 14.45 WIB hingga pukul 15.55 WIB.

Kejadian berawal dari cuaca yang semula mendung tipis, tiba-tiba menjadi tebal, gelap, suara gemuruh disertai kilat berkali-kali serta tiupan angin yang awalnya semilir mendadak jadi makin kencang, diikuti turunnya hujan deras.

Hujan disertai angin kencang dan suhu udara jadi makin dingin. Tak hanya itu, diluar tepatnya di atas atap juga terdengar suara seperti kerikil jatuh.

“Hujan es…hujan es..,” teriak anak-anak di luar kantor yang bermain – main.

“Hujan es terjadi karena suhu konveksinya tercapai. Jadi, suhu udara di permukaan bumi panas sekali, sedangkan awan Cumulonimbus (awan Cb, penyebab hujan) di langit suhunya sangat rendah bisa mencapai minus 80°C sehingga menjadi butiran es,” ujar Setiawan, prakirawan BMKG Juanda, Sidoarjo.

Hanya awan tinggi yang suhunya sangat dingin yang bisa menyebabkan hujan es. Sebenarnya, pihak BMKG telah memberikan peringatan dini terkait kemungkinan adanya cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin kencang yang berpotensi menjadi bencana, yang kemungkinan melanda beberapa wilayah di Jawa Timur.

“Mulai Madiun hingga Surabaya, namun yang berpotensi timbulkan bencana khusus di kota – kota berangin seperti Nganjuk dan Surabaya,” imbuhnya.

Di Nganjuk sendiri, timbulnya angin kencang hingga merobohkan pohon penghijauan ada di beberapa lokasi.

Di Kecamatan Bagor bahkan ada 6 pohon yang roboh hingga sempat memacetkan jalan. Di desa Plimping Kecamatan Baron ada rumah warga yang sekaligus jadi warkop yang hancur diterpa pohon roboh.

“Sebagaimana di Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot, robohan pohon yang menimpa rumah Margo Bawono(52) warga RT.01/RW.03 yang alami kerusakan karena atap teras rumahnya hancur tertimpa pohon mangga yang roboh,” ungkap Kapolsek Ngronggot melalui Kasubbag Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto saat dikonfirmasi media. (Gung/red2).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *