Wujudkan Ketahanan Bencana, Pemkab Tanbu Dengarkan Arahan Presiden Dalam Rakornas BNPB

Wujudkan Ketahanan Bencana, Pemkab Tanbu Dengarkan Arahan Presiden Dalam Rakornas BNPB

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka mewujudkan ketahanan bangsa terhadap bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana 2022 di Istana Bogor.

Kegiatan yang mengangkat tema “Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi dalam Mewujudkan Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana” ini diikuti Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu secara virtual bertempat di Digital Live Room Kantor Bupati Tanah Bumbu, Rabu (23/02/2022).

Saat membuka Rakornas Penanggulangan Bencana 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BNPB serta BPBD yang telah berdedikasi membantu masyarakat dalam mengahadapi berbagai bencana.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran BNPB dan BPBD di seluruh tanah air Indonesia atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam membantu masyarakat di seluruh pelosok Indonesia dalam menghadapi berbagai bencana alam dan juga dalam menghadapi Covid-19,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa bencana telah menjadi keseharian masyarakat karena Indonesia dilingkari oleh ring of fire. Indonesia pun termasuk 35 negara yang paling rawan resiko bencana di dunia.

“Hampir setiap hari ada bencana di beberapa wilayah di negara kita Indonesia,” kata Jokowi.

Menurutnya, resiko kerugian akibat bencana tersebut juga berdampak besar baik dalam jumlah korban maupun kerugian material.

Karena itu, orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar penanggulangan bencana dilakukan secara terpadu, secara sistematik dan rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020 – 2044 harus dilaksanakan dengan penuh komitmen penuh tanggung jawab.

Semua tahapan harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten, agar Indonesia menjadi bangsa yang tangguh.

“Dengan demikian Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana,” tegasnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *