Dongkrak Ekonomi Kreatif, Disbudporpar Tanbu Gelar Ajang Pemilihan Duta Wisata Daerah

Dongkrak Ekonomi Kreatif, Disbudporpar Tanbu Gelar Ajang Pemilihan Duta Wisata Daerah

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Tanah Bumbu dengan berbagai obyek wisata yang dimiliki mempunyai segudang potensi yang dapat digali guna memaksimalkan perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah.

Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata melakukan penjaringan bakat dan potensi pemuda daerah untuk memperkenalkan obyek wisata daerah serta produk ekonomi kreatif ke tingkat nasional hingga mancanegara.

Hal ini ditandai dengan digelarnya Ajang Pemilihan Duta Wisata, Putri Pariwisata dan Putra Putri Tenun Tanah Bumbu, bertempat di Gedung PKK (Kapet) Kecamatan Simpang Empat, Senin (14/3/2022).

Sebagai informasi, kegiatan ini kembali diadakan setelah selama dua tahun belakang vakum mengingat masih merebaknya pandemi Covid-19.

Kabid Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pengparekraf Disbudporpar) Tanbu, Eddy Sukhrawardi menyampaikan bahwa ajang Pemilihan Duta Wisata/Putri Pariwisata/Putra Putri Tenun ini berlangsung dari tanggal 14 Maret 2022 hingga 19 Maret 2022 untuk babak grand final.

“Tujuan dari seleksi ini, tidak ada yang bergeser. Dimana kami, ingin mendapatkan putra putri terbaik daerah yang ada di Tanah Bumbu. Nantinya, mereka mampu bertindak membantu kita, ikut serta dalam mempromosikan destinasi-destinasi wisata Tanah Bumbu maupun produk ekonomi kreatif secara baik. Tentu, dimulai dengan menjaring potensi pemuda daerah hingga menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas seperti yang kita cari” sampainya.

Melalui kegiatan ini peserta mengikuti sejumlah rangkaian tahapan seleksi seperti seleksi tertulis, seleksi wawancara dan seleksi unjuk bakat.

Menariknya dalam ajang unjuk bakat peserta, terlihat menampilkan nyanyian daerah, garapan kreasi baru tarian daerah, drama, speaking 4 bahasa asing, pencak silat, fotografer dan lainnya.

Seleksi ketat ini, berjalan sesuai aturan protokol kesehatan. Pengparekraf Disbudporpar, optimis akan mendapatkan putra putri terbaik daerah sesuai harapan.

“Pada tanggal 19 ketika grand final, maka mereka sudah benar-benar tergali potensi dalam diri peserta, sasaran kita adalah mengembangkan potensi peserta finalis terpilih dalam waktu yang cukup singkat, kita upayakan mempersiapkan kualitas SDM yang terbaik di Ajang Pemilihan Duta Wisata, Putri Pariwisata dan Putra Putri Tenun Tanah Bumbu,” pungkas Eddy.

Sementara itu, menjelang Pelaksanaan Peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu, maka terpilihnya Duta Wisata, Putri Pariwisata dan Putra Putri Tenun tersebut, kemungkinan bisa ikut berpartisipasi sesuai arahan. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *