Bupati Tanbu Buka Musrenbang RKPD Tahun Rencana 2023

Bupati Tanbu Buka Musrenbang RKPD Tahun Rencana 2023

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bahas Rencana Kerja Pembangunan Daerah dalam satu tahun kedepan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Rencana 2023, Selasa (22/03/2022).

Adapun kegiatan ini mengangkat tema yakni Penguatan Infrastruktur dan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Berkeadilan untuk Optimalisasi Kapabilotas Daerah yang Bernuansa Kearifan Lokal yang Religius.

Kepala Bappeda Tanbu, Andi Anwar Saddat selaku panitia penyelenggara dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbang RKPD Tahun 2023 ini merupakan forum dalam rangka mematangkan kepentingan guna membahas dan menyepakati apa yang menjadi rancangan RKPD 2023.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini sudah dilandasi dengan beberapa tahapan yang sudah dilalui dimulai dari Musrenbang RKPD Tingkat Desa atau Kelurahan, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun Rencana 2023 hingga Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan.

“Adapun tujuan diselenggarakannya musrembang ini adalah dalam rangka untuk menyepakati permasalahan-permasalahan pembangunan daerah serta prioritas pembangunan daerah dengan menyepakati program kegiatan dan sub kegiatan pagu indikatif, indikator dan target kinerja,” pungkasnya.

Selain itu dirinya juga menambahkan bahwa Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten ini guna menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan Pemerintah Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi, yaitu berupa program dan kegiatan Kabupaten yang diselaraskan dengan program profesi melalui APBD Provinsi untuk kemudian dibahas dan disepakati dalam Musrenbang RKPD Tingkat Provinsi.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyampaikan bahwa Tanah Bumbu sebagai Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota Negara yang baru, menjadi indikator dan barometer untuk memberikan keyakinan kepada negara terkait daerah dengan keamanan dan pertumbuhan ekonomi yang baik.

Oleh sebab itu dirinya berpesan kepada para peserta bahwa kedepannya akan ada banyak hal yang terus didiskusikan demi membahas kemajuan dan keberlangsungan masa depan generasi yang akan datang.

“Ikuti diskusi ini dengan sungguh-sungguh, sehingga kita tidak akan meninggalkan tempat ini sampai kita membahas tuntas apa yang kita putuskan agar tahun 2023 kita bisa bangkit dari berbagai persoalan dan menuntaskan apa yang menjadi cita-cita kita di Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Berikut agenda utama kegiatan musrenbang RKPD pada hari ini yakni Pemaparan Prioritas Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023 yang disampaikan oleh Bappeda Litbang Kabupaten Tanah Bumbu, dilanjutkan pemaparan pokok-pokok pikiran DPRD yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bumbu.

Yang kemudian diakhiri dengan pemaparan sinkronisasi Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2003 khusus program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penandatanganan berita acara kesepakatan Musrenbang RKPD Tahun 2023 oleh unsur terkait.

Diketahui kegiatan yang digelar di Gedung Mahligai Bersujud tersebut diikuti sekitar 300 orang yang terdiri dari perwakilan unsur stakeholder meliputi unsur Forkopimda, swasta dan masyarakat. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *