Lomba Desa/Kelurahan, Kota Pagatan Optimis Mampu Jadi Yang Terbaik

Lomba Desa/Kelurahan, Kota Pagatan Optimis Mampu Jadi Yang Terbaik

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penilaian terhadap perwakilan dari 12 kecamatan yang ada di Bumi Bersujud.

Kelurahan Kota Pagatan yang menjadi perwakilan untuk kelurahan di Kecamatan Kusan Hilir, juga turut dikunjungi tim evaluasi pada Kamis (24/03/2022). Kedatangan rombongan tim evaluasi disambut dengan tari-tarian dan pengalungan selendang untuk Ketua Tim oleh Lurah Kota Pagatan.

Mengawali penyampaiannya, Lurah Kota Pagatan, Karniah Umar mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim evaluasi perkembangan desa dan kelurahan di tempat itu.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah lama kami nantikan, karena merupakan acuan bagi kedepan untuk melakukan berbagai perubahan dan pengembangan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kelurahan Kota Pagatan,” sebutnya.

Karniah menjelaskan, Kelurahan Kota Pagatan dibentuk pada tahun 1981 itu memiliki 9 RT dengan 3.099 jiwa dan mempunyai motto “Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati dan CERMAT”, yaitu Cepat, Efisien, Ramah, Amanah dan Tulus.

Kemudian, sebagai wilayah yang minim lahan pertanian, maka salah satu produk unggulan dikembangkan wilayah itu adalah tanaman hidroponik seperti selada dan seledri dan lainnya. Karena dengan cara hidroponik, pelaku usaha kecil dapat ikut mengembangkannya hingga bernilai ekonomis bagi masyarakat.

“Kami terus mengajak warga untuk mengembangkannya, karena tidak rumit, cepat panen dan menghasilkan. Diawali nanti dengan pelatihan dan bantuan bibit bagi masyarakat,” ujar Karniah.

Lalu ada juga produk UMKM khas pesisir pantai di wilayah itu yang tidak kalah rasa dan kualitasnya seperti Pentol Ikan dan Amplang. Serta berbagai panganan lainnya yang turut diolah seperti Rengginang dan Kue Semprong sebagai produk unggulannya.

Selain itu, Kelurahan Kota Pagatan juga melakukan berbagai inovasi dalam program pemberdayaan masyarakat. Salahsatunya melalui program “Selada” atau sedekah lansia dan dhuafa setiap hari Jumat. Juga program pendampingan bagi warga yang sakit dan keluarganya.

Kelurahan itu saat ini juga sedang mengembangkan budidaya ikan nila sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kemandirian masyarakat sekaligus mengurangi angka pengangguran di wilayah itu.

Dengan berbagai inovasi dan program pembangunan yang telah dilakukan, Karniah Umar optimis, Kelurahan Kota Pagatan akan terus berkembang menjadi lebih baik dan mampu menjadi kelurahan terbaik di ajang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2022.

“Semoga Kelurahan Kota Pagatan kedepannya akan terus lebih baik lagi dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Evaluasi yang juga Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat, Samsir menyampaikan apa yang dipaparkan oleh Lurah sudah mewakili dengan tema evaluasi tahun 2022, yaitu “Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh”.

Samsir mengungkapkan, hasil penilaian ini menjadi bentuk apresiasi bagi desa dan kelurahan berupa penghargaan atas keberhasilannya dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan masyarakat.

Usai pembukaan, dilakukan penyerahan penghargaan dan kenang-kenangan bagi beberapa mantan Lurah Kota Pagatan. Turut berhadir dalam evaluasi itu, Camat Kusan Hilir dan unsur Muspika. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *