Kunker Ke Tanbu Kakanwil Kemenkumham Kalsel di Lapas Kelas III Batulicin

Kunker Ke Tanbu Kakanwil Kemenkumham Kalsel di Lapas Kelas III Batulicin

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) Lilik Sujandi, Bc.Ip, S.Ip, M.Si lakukan kunjungan kerja perdana ke Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka peninjuan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin, pada Selasa (29/03/2022) siang.

Selain meninjau sarana dan prasarana di Lapas Kelas III Batulicin, Kakanwil Kemenkumham Kalsel juga mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin.

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Lilik Sujandi kepada media mengatakan bahwa kunjungan kerja ini untuk meninjau perkembangan sarana dan prasarana yang di miliki oleh Lapas Kelas III batulicin.

“Apa yang kita saksikan pada kunjungan kerja pada saat di Lapas Kelas III Batulicin hari ini sudah masuk standar dan memenuhi syarat untuk dihuni Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dan uji coba operasional dengan 6 orang WBP ini juga sudah cukup memberikan informasi bahwa fungsi perawatan dasar minimal dengan ketersedian air kemudian makanan dan pakaian itu semua sudah dapat dipenuhi,” jelasnya.

“Selain itu dalam hal konsep pemasyarakatan tentu fasilitas pembinaan kemudian perawatan lanjutan setelah kebutuhan dasar terkhusus di pikirkan, contoh misal seperti poliklinik secara ketersedian layanannya, kemudian ketersedian pemanfaatan area untuk pembinaannya seperti pertanian dan sebagainya saya kira akan meningkatkan kearah sana,” pungkasnya.

Pejabat dengan pangkat dua bintang di pundak ini pun menambahkan untuk kedepan tentu Lapas ini akan kita siapkan menjadi lapas yang produktif berbasis kepada komoditi masyarakat setempat baik dalam perkebunan maupun pertanian.

Dengan seiring waktu tentu akan kita lengkapi dengan ruangan-ruangan produktif yang berbasis keterampilan menciptakan suatu karya dan sebagainya.

Di samping itu juga kita sudah menyiapkan penambahan pegawai untuk lapas kelas III Batulicin ini, yang sebentar lagi akan kita lakukan pelatihan dan orientasi ditugaskan disini, sehingga nanti akan lebih optimal lagi didalam rangka untuk pengamanan dan penjagaan Lapas dan Rutan.

Ke depan juga kita membutuhkan sarana tempat tinggal untuk petugas, karena itu suatu kebutuhan yang sangat terintegrasi dengan fungsi pemasyarakatan. Pemerintah Daerah dalam hal ini kecamatan dan kabupaten tentu menjadi mitra sangat elementer buat kami, karena bagaimanapun nantinya yang akan tinggal disini masyarakat tanah bumbu yang tentu kita harapkan tidak menjadi beban masyarakat setelah WBP mendapatkan kebebasan usai menjalani pidananya. Sehingga pengkayaan fasilitas setelah bebas jadi sangat penting.

Saya kira nanti kita akan meningkatkan sinergitas dengan masyarakat dan jiga Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya berharap pada saat bulan puasa ini kita sudah menyiapkan penambahan SDM dan pasca lebaran sudah melakukan pengoperasionalan dan baru nanti kita akan menambah pemindahan Narapidana yang ada di Lapas Kelas II A Kotabaru yang berdomisili warga tanah bumbu ke Lapas Kelas III Batulicin ini,” tutupnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *