Expose Komiditi Lokal Melalui Pembentukan Kampung Gabus Haruan

Expose Komiditi Lokal Melalui Pembentukan Kampung Gabus Haruan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perikanan, menggelar Expose Laporan Perkembangan Penyusunan Masterplan Kampung Gabus Haruan di ruang rapat Kantor Dinas Perikanan, Rabu (13/07/2022).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara, Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, bersama dengan Balai Riset dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI).

Kepala Dinas Perikanan Kab. Tanbu, Yulian Herawati, menyampaikan kegiatan expose ini dilaksanakan dalam rangka, pemantapan persiapan pembentukan Kampung Gabus Haruan di dua desa, yaitu pada Kecamatan Kusan Hulu yakni Desa Binawara dan Desa Manuntung.

Dijelaskan Yulian, bahwa melalui program Kampung Gabus Haruan, tahapan perencanaan budidaya ikan Gabus Haruan di desa tersebut mulai dari pembibitan, pembesaran, hingga pengolahan telah dipersiapkan secara terintegrasi.

“Yang pertama yang ingin kita capai adalah meningkatkan produksi budidaya perikanan masyarakat, dan kenapa kita memilih ikan Gabus Haruan, karena itu merupakan salah satu komiditi lokal kita,” sambungnya.

Selain itu ia juga berharap, dengan adanya Kampung Gabus Haruan ini, pelatihan budidaya serta pengolahan ikan yang diberikan, dapat sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah respon masyarakat juga luar biasa, dan sangat antusias, arahnya juga bukan hanya untuk perikanan tapi kita harapkan disana akan dapat menghidupkan pariwisata melalui adanya budidaya Gabus Haruan,” ujar Yulian.

Lebih lanjut, sistem “Zero Waste” yang diterapkan dalam Kampung Gabus Haruan ini, akan memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan, mengingat tidak adanya sampah dan limbah yang terbuang.

Dirinya juga tidak menampik bahwa, keberadaan Kampung Gabus Haruan ini akan menjadi salah satu upaya, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi penyangga pangan Ibu Kota Negara yang baru.

“Harapan kami, kedepannya dengan sinergitas bersama semua stakeholder terkait dapat membantu kami dalam mewujudkan Kampung Gabus Harian atau Kampung Gahar di Kabupaten Tanah Bumbu,” harapnya.

Prof. Dr. Estu Nugroho selaku Tim Tenaga Ahli Penyusunan Masterplan Kampung Gabus Haruan, mengatakan jika upaya untuk membentuk Kampung Budidaya Gahar yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Tanah Bumbu ini, merupakan suatu perwujudan dari KKP yaitu bagaimana menjadikan sumber daya lokal sebagai kekuatan untuk menggerakkan perekonomian daerah.

“Kami sudah mengobservasi dan juga melakukan penelitian, terhadap kemungkinan keberhasilan terwujudnya Kampung Gahar ini, tentu hal ini tidak lepas dari adanya dukungan dan kerjasama stakeholder yang ada,” paparnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tanah Bumbu, BPN Tanbu, Dinas PUPR, bersama seluruh kedinasan lingkup Pemkab Tanbu yg terkait, Camat Kusan Hulu, PT Tunas Inti Abadi, Kepala Desa Binawara dan Kepala Desa Manuntung beserta BUMDes dan Ketua Pokdakan serta penyuluh perikanan. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *