Kolaborasi PT Arutmin Indonesia dan Dispersip Tanbu Bina UMKM Melek Teknologi

Kolaborasi PT Arutmin Indonesia dan Dispersip Tanbu Bina UMKM Melek Teknologi

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Video Promosi Produk bertempat di Aula Kantor Dispersip Tanbu, Rabu (14/09/2022).

Dalam kesempatannya, Akhmad Nurkholis selaku Admin & CDEA Superintendent dari
PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin (Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral), menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang dicanangkan oleh perusahaan.

Menurutnya, ajakan kerja sama dan kolaborasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu ini merupakan langkah baik untuk memberikan pelatihan dan pengembangan kemampuan para pelaku UMKM, sehingga nantinya berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dalam kesempatan ini, kita bekerja sama untuk memberikan pelatihan pembuatan video promosi, yang mana kita semua tahu sekarang eranya informasi dan eranya big data, siapa yang tidak ikut bermain di digitalisasi pasti akan tertinggal, inilah yang sebenarnya ingin kita bina ke teman-teman bahwa meskipun kemampuan terbatas tapi ada fasilitas yang sebetulnya sangat besar yang bisa kita manfaatkan,” ujar Akhmad.

Dirinya juga ingin menepis anggapan bahwa digitalisasi produk merupakan hal yang sulit, dimana hal tersebut berbanding dengan manfaat dari digitalisasi ini yang dapat meningkatkan potensi pemasaran produk dari pelaku UMKM itu sendiri.

“Saya sangat mengapresiasi ide dan etika dari Dinas Perpustakaan, karena mereka bisa memotret kondisi sekarang bahwa kita habis dihantam pandemi, kondisi seperti ini kita harus punya siasat serta kiat-kiat jitu yang tidak biasa untuk bagaimana kembali memajukan UMKM kita di tingkat yang lebih tinggi tidak hanya di lokal,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Dispersip Yulia Rahmadani melalui Sekretarisnya Muhammad Saleh, mengatakan tujuan utama kegiatan ini, untuk dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan nilai tambah dalam mempromosikan produk berbagai pelaku UMKM yang ada di Tanah Bumbu, melalui media promosi yang menarik hingga dapat menjangkau konsumen di berbagai belahan dunia.

Wajah Perpustakaan memberikan fasilitas bagi literasi lewat berbagai kegiatan peningkatan potensi, kreatifitas, skill demi kesejahteraan masyarakat.

Sejak Tahun 2018 Perpustakaan Nasional telah meluncurkan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang membantu masyarakat untuk hidup lebih cerdas dan maju.

“Dalam pelatihan lanjutan ini, ada sekitar 60 peserta yang turut hadir dalam kegiatan hari ini, Dispersip memfasilitasi kegiatan masyarakat agar dapat meningkatkan keterampilannya dalam peningkatan kesejahteraan. Selain itu, UMKM harus punya daya tarik berbeda sehingga bisa menjangkau pelanggan dalam pemasaran produknya,” ujar Saleh. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *