PJ Kades dan Anggota BPD Secara Resmi Dilantik Oleh Bupati

PJ Kades dan Anggota BPD Secara Resmi Dilantik Oleh Bupati

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Pelantikan Pejabat Kepala Desa, Perangkat Desa Persiapan dan Pelantikan Anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa), bertempat di Ruang Rapat Bersujud Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (26/09/2022).

Sebagaimana diatur didalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang penataan desa, maka diselenggarakan lah pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, bagi Pj. Kepala Desa Persiapan, dan pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) yang merupakan bagian dari proses penataan, dan dinamisasi pada tata kelola Pemerintahan Desa.

Diantara lain bertujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan Pemerintahan Desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola Pemerintahan Desa dan meningkatkan daya saing Desa.

Kegiatan dihadiri oleh, Anggota DPRD Kab. Tanbu, para pejabat lingkup Pemkab Tanbu, Komite Percepatan Pembangunan Daerah, Camat, para Kepala Desa, Perangkat Desa bersama BPD dan tamu undangan.

Dasar kegiatan ini, melalui Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 188.46/379/DPMD/2022 Tentang Pengangkatan Pejabat Kepala Desa Persiapan Dalam Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Dalam rangka melaksanakan struktur pemerintahan yang baik maka dilakukan Pelantikan Penjabat Kepala Desa, Perangkat Desa Persiapan Desa Bumisari Kecamatan Mantewe, Desa Persiapan Sungai Danau Raya, Berkah Bersama dan Perintis Bersujud Kecamatan Satui dan Desa Persiapan Anugerah Sejahtera Kecamatan Karang Bintang, serta Pelantikan Anggota BPD Desa Saring Sungai Bubu, Desa Satiung, Desa Manurung, Desa Mekar Jaya Kecamatan Kusan Tengah, Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

“Untuk itu, harapan Pemerintah Daerah dari adanya peresmian dan pelantikan Pj. Kepala Desa Persiapan dan anggota BPD ini, agar dapat mempermudah pelayanan masyarakat, serta pemerataan pembangunan di setiap Desa,” ucap Bupati Abah Zairullah Azhar.

Pembacaan Surat Bupati Tanah Bumbu Nomor 188.46/DPMD/2022, pengambilan sumpah jabatan yang di pimpin oleh Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar.

Bupati menjelaskan, kegiatan itu sangat strategis, guna mendapat kesempatan dari mereka yang mau berkorban ikhlas demi kepentingan dan kemajuan masyarakat, daerah maupun desanya.

Hal itu tidak sederhana menurutnya, yang merupakan keputusan menjurus pada kepentingan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat cepat terlayani dan dapat mengangkat derajat dan martabat masyarakat.

“Saya juga berpesan kepada Kepala Desa dan Anggota BPD yang akan dilantik, laksanakan tugas dan fungsi saudara dengan sungguh-sungguh, dan penuh rasa tanggung-jawab, mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa saat ini. Kunci keberhasilan sebuah pembangunan tergantung dari seberapa banyak yang ikut memikirkan, yang mau ikut berjuang, prinsip kita di Tanah Bumbu hakikatnya adalah pejabat sebagai pelayan masyarakat,” pungkasnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *