Dorong Transparansi Tata Pemerintahan, SKPD Di Tanbu Ikuti Bimtek SPIP

Dorong Transparansi Tata Pemerintahan, SKPD Di Tanbu Ikuti Bimtek SPIP

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Inspektorat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Selatan, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Selasa (4/10/2022), ini dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dan diikuti peserta dari SKPD di lingkup Pemkab Tanbu.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalsel, Rudy M Harahap menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas, pengelolaan keuangan Negara/Daerah, melalui penyelenggaraan kegiatan yang efektif dan efisien demi meminimalisir terjadinya tindakan korupsi maupun kecurangan.

Hal ini dilakukan untuk mendorong Governance (Tata Pemerintahan), khususnya pada Pemerintahan di Kabupaten Tanah Bumbu, tentang bagaimana menjaga leadership (kepemimpinan) dari Kepala Daerah agar tetap sukses.

“Kita mengimplementasikan SPIP Terintegrasi, bagaimana mengelola dan pengendalian resiko, beberapa angka sudah menunjukkan keberhasilan itu,” pungkas Rudy.

Sementara itu Bupati Zairullah dalam kesempatannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Sistem Terintegrasi ini diharapkan memudahkan setiap SKPD untuk melakukan pengendalian intern, dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dari aspek kinerja, maupun dalam hal pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah di lingkup Kabupaten Tanah Bumbu.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan manajerial, yang ada di setiap dinas Kabupaten Tanah Bumbu, dan semoga semakin baik, semua hadir 100% dan wajib mengikuti dengan tuntas,” ucap Bupati Zairullah.

Kegiatan Bimtek turut dihadiri oleh Sekda Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, Staf Ahli dan Asisten, jajaran Kepala SKPD Tanah Bumbu, Kasubag Perencanaan dan Pelaporan SKPD beserta Tim Assesor (Bappeda, BPKAD, Inspektorat). (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *