Langkah Kongkrit Pemkab Tanbu Atasi Jalan Pustus di KM 171 Satui

Langkah Kongkrit Pemkab Tanbu Atasi Jalan Pustus di KM 171 Satui

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Permasalahan jalan Nasional di KM 171 desa Satui Barat Kecamatan yang saat ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 baik dari Banjarmasin menuju arah Batulicin dan sebalik, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui dinas PUPR telah membuat jalan alternatif sepanjang 1,7 KM sehingga arus lalulintas kembali normal seperti biasa.

Bupati Tanah Bumbu melalui Sekretaris Daerah H Ambo Sakka menjelaskan untuk mengatasi permasalah tersebut pemerintah daerah telah berinisiatif membangun jalan daerah yakni jalan lingkar kabupaten sebagai jalan alternatif apabila jalan nasional tidak bisa digunakan, maka pihaknya persilahkan untuk menggunakan jalan alternatif yang dibangun oleh pemerintah daerah.

“Perlu diketahui, bahwa jalan alternatif yang dibangun oleh pemerintah daerah tersebut berada di KM 170 desa Satui Barat Kecamatan Satui bukan jalan Nasional, melainkan jalan alternatif yang diberi nama jalan lingkar Kabupaten agar jalur transportasi tidak terputus ,” Jelas Sekda Tanbu.

Lebih lanjut sekda mengatakan, pihaknya juga kemarin terjun langsung ke lapangan untuk memastikan bahwa jalan alternatif tersebut sudah bisa digunakan sejak pukul 17.00 Wita.

Pembanguan jalan alternatif Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan jalan yang ada di desa satui barat, sehingga jalur transportasi dan perekonomian kembali normal seperti biasa.

Adapun terkait kewenangan Ambo Sakka menegaskan, berbicara terkait jalan nasional merupakan kewenangan pemerintah pusat yang dikelola oleh balai jalan nasional dan izin pertambangan serta pengawasan merupakan kewenangan pusat,

Hanya saja, kerena masyarakat Tanah Bumbu terdampak sehingga pemerintah daerah harus turun tangan untuk mengambil langkah alternatif dan permasalahan jalan yang putus dapat segera teratasi dengan cepat, dan tidak ada pengambil alihan kewenangan untuk membangun jalan nasional, pengalihan jalur tetapi hanya membangun jalan alternatif saja,” Tandasnya.

“Saya berharap dengan dibangunnya jalan alternatif tersebut tentunya transportasi dari banjarmasin menuju tanah bumbu, kotabaru dan IKN dapat kembali normal,” tutup Sekda. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *