Kenali Potensi Wilayah, Bupati Barito Timur Kunker Di Tanbu

Kenali Potensi Wilayah, Bupati Barito Timur Kunker Di Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menerima kunjungan dari Bupati Barito Timur, sambutan dan ramah tamah dilakukan di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Rabu (19/10/2022).

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyambut langsung kedatangan Bupati Barito Timur bersama rombongan di kawasan Bumi Bersujud.

Turut berhadir Asisten dan Staff Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat serta pejabat Pemerintah Desa Lingkup Tanah Bumbu, Komite Percepatan Pembangunan Tanah Bumbu dan tamu undangan.

Rombongan Bupati Barito Timur membawa serta jajaran Kepala SKPD Barito Timur bersama para Penyuluhan Pertanian Barito Timur, tiba sekitar pada Pukul 11.20 Wita, jumlah sekitar kurang lebih 50 orang dalam rombongan, menggunakan transportasi darat dan rencananya akan melakukan kunjungan selanjutnya di Kabupaten Kotabaru.

“Hari ini kita kedatangan tamu yang membawa berkah yaitu Barito Timur, merupakan kabupaten yang terbangun setahun lebih awal dari pada Kabupaten Tahun Bumbu,” ujar Bupati Zairullah.

Dalam sejarah perjalanan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu diungkapkan oleh Bupati Zairullah, dulunya sempat mengalami minus pendapatan sekitar 1,8 persen, namun kini berhasil berkembang jauh lebih baik.

Bupati Tanah Bumbu juga menjabarkan terkait fokus program kerja terkini Pemkab Tanbu yaitu pembangunan Bendungan Kusan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Bupati Barito Timur, Dr. Ampera, A.Y. Mebas, ditemani Munita Mustika Dewi selaku Ketua TP PKK Barito Timur, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kabupaten Barito Timur memiliki 10 kecamatan dan 101 desa.

“Walaupun daerah pemekaran, Barito Timur merupakan daerah berpenghasilan pertanian dan kebun karet, kami juga aktif produksi gabah. Oleh karenanya, Tanah Bumbu menjadi acuan kemajuan pertanian, ada banyak kawasan sawit di Tanah Bumbu ini. Rencananya kami juga akan membuka sawit masyarakat seluas 800 hektar dan akan kami buatkan kriterianya,” pungkasnya.

Rencananya Barito Timur akan fokus melakukan pengembangan di berbagai aspek, turut disinggung juga oleh Bupati Ampera mengenai perkembangan industri.

“Pada tahun ini kami juga melakukan pembenahan dan pembinaan Bundesmart (usaha desa),”ungkap Bupati Ampera.

Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia, Pada tahun 2020 menunjukkan, angka penduduk kabupaten ini berjumlah 113.229 jiwa, dengan kepadatan 30 jiwa/km² dan sekarang terus berkembang.

Sementara itu Tanah Bumbu sendiri merupakan penghasil ikan terbesar di Kalimantan Selatan, dongkrak penghasilan juga dari luasan perkebunan sawit, pertanian dan industri pertambangan. Tanah Bumbu memiliki luas kurang lebih 5.200 km², populasi penduduk 375.000 jiwa, ada 13 Kecamatan dan 171 desa, terdiri dari 34 suku yaitu kebanyakan dari transmigran. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *