Komitmen Turunkan Stunting, Tanbu Gelar Rakor Pemantapan dan Evaluasi Kerja TPPS

Komitmen Turunkan Stunting, Tanbu Gelar Rakor Pemantapan dan Evaluasi Kerja TPPS

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan dan Evaluasi Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (18/10/2022) ini dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Mahriyadi Noor.

Dalam sambutannya mewakili Bupati, Mahriyadi menyampaikan bahwa kegiatan Rakor Pemantapan dan Evaluasi TPPS ini sejalan dengan misi pertama Kabupaten Tanah Bumbu, yakni “Mewujudkan SDM yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia”.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini kompetensi yang dilakukan secara serentak terprogram dari berbagai lintas sektor diharapkan meningkatkan sinergi dan kepedulian unsur terkait sebagai tim percepatan penurunan stunting.

“Sehingga mampu menghasilkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani, serta bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Bumi Bersujud,” harapnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj. Wahyu Windarti Zairullah dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat telah menargetkan angka prevalensi stunting pada tahun 2024 yakni di bawah 14 persen.

Sementara itu berdasarkan data tahun 2021, ia menyebutkan bahwa angka stunting di Tanah Bumbu berada di angka 18,7 persen. Dengan demikian masih ada 4,7 persen kasus stunting yang harus diturunkan untuk mencapai target nasional.

Ketua TP-PKK Kab. Tanah Bumbu itu meyakini dengan kerja sama dari TPPS, Tanah Bumbu dapat mencapai angka stunting yang lebih rendah sehingga kedepan dapat menjadi Kabupaten Bebas Stunting.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen percepatan penurunan stunting yang diikuti oleh stakeholder terakhir dan penyampaian program kerja lintas sektor.

Seluruh SKPD yang hadir juga menyampaikan capaian program dan kegiatan SKPD yang mendukung percepatan penurunan stunting, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas DP3AP2KB, Dinas PMD, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, Dinas Sosial, Dinas Perkimtan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kominfo.

Nampak berhadir dalam kegiatan ini, Bapak Asuh Anak Stunting Kabupaten Tanah Bumbu Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi S.H, M.Tr(Han) yang diwakili Pasiter Kodim 1022/Tanah Bumbu Kapten Inf Wahyono.

Selain itu turut berhadir Kepala Bappedalitbang Andi Anwar Sadat, Kepala Dinas Kesehatan Setia Budi, Kementerian Agama, Satgas Stunting, BPOM Tanah Bumbu, serta perwakilan perusahaan. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *