DKUMP2 Tanbu Latih Pengrajin Lokal Diversifikasi Produk Kain Tenun Pagatan

DKUMP2 Tanbu Latih Pengrajin Lokal Diversifikasi Produk Kain Tenun Pagatan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Sebanyak 10 orang pengrajin dan penjahit pelatihan diversifikasi tenun Pagatan dilatih oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu).

Pelatihan yang telah berjalan selama 5 hari itu telah selesai dan ditutup pada Jumat (18/11/2022) di Aula Kantor Lurah Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) Denny Hariyanto, melalui Sekretaris DKUMP2 Ahmad Syarwani menutup secara resmi kegiatan tersebut.

Pada hari terakhir pelatihan, peserta diberikan materi manajemen pengelolaan usaha, serta sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan difasilitasi pembukaan rekening Bank Kalsel secara gratis.

Sekretaris DKUMP2 Tanbu Ahmad Syarwani, mengatakan pelatihan diversifikasi kain tenun, digelar sebagai upaya menciptakan inovasi dalam penganekaragaman produk tenun Pagatan.

“Pelatihan digelar guna memberikan keterampilan kepada perajin dan penjahit untuk berinovasi dalam diversifikasi produk turunan kain tenun Pagatan,” ujarnya.

Melalui pelatihan diversifikasi ini, pemerintah daerah berharap peserta menjadi lebih kreatif dalam mengolah kain tenun Pagatan, sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya dalam bentuk pakaian saja tetapi ada produk turunan lainnya.

Sementara itu, Kabid Perindustrian DKUMP2 Tanbu Nur Rochmah menambahkan adapun aneka produk yang dihasilkan dari pelatihan tersebut diantaranya sajadah, cover tisu, cover air mineral, taplak meja, tutup dan alas gelas, serta produk hand made tenun lainnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *