Pemkab Tanbu Gencarkan Gerakan Percepatan Tanam Padi Sawah

Pemkab Tanbu Gencarkan Gerakan Percepatan Tanam Padi Sawah

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar kegiatan percepatan tanam dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) pada sawah Inbrida bersama Kelompok Tani Maju Bersama Desa Kersik Putih, Rabu (30/11/2022).

Dalam memasuki musim tanam Oktober – Maret (Okmar) 2022/2023 maka dipandang perlu untuk melaksanakan Gerakan Percepatan Tanam dan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) padi sawah Inbrida dalam rangka untuk Pencapaian Produksi dan Produktivitas Padi di Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2022.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian H. Hairuddin mengatakan, bahwa Pemerintah menargetkan produksi padi sebesar 17 hektar bisa tercapai.

Melalui percepatan tanam ini, pihaknya optimis target tanam Oktober – Maret sebesar 11 hektar bisa tercapai. Dimana pada musim tanam April – September 2022 yang lalu telah tercapai luasan tanam 5.894 hektar dari target 17 ribu hektar.

“Harapan kita melalui gerakan ini akan dapat memberikan motivasi kepada para pelaku tani lainnya di Tanah Bumbu agar melakukan penanaman lebih cepat pada musim tanam Oktober – Maret ini,” ujarnya.

Selain itu juga kegiatan ini sebagai langkah Pemerintah Daerah dalam menepis kabar terjadinya krisis pangan akibat menurunnya stok beras di daerah.

“Harapan kita tentunya dengan percepatan tanam ini maka produksi Padi di daerah ini akan terus meningkat. Tanam serentak sudah dilakukan di Kecamatan Kusan Hilir yang masuk 10 hektar lahan pertanian padi,” ujarnya saat mengakhiri sambutan.

Hadir dalam kegiatan ini Camat Batulicin, Kepala Desa Kersik Putih, Unsur Forkopimda, Penyuluh Pertanian, anggota kelompok tani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta manteri tani. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *