Dibuka Bupati, Pemkab Tanbu Gelar Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2024

Dibuka Bupati, Pemkab Tanbu Gelar Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2024

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Rencana 2024 di Gedung Mahligai Bersujud, Jumat (03/01/2023).

Kegiatan ini diadakan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Bappedalitbang (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan).

Kepala Bappedalitbang Kab. Tanah Bumbu, Andi Anwar Saddat, selaku panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Forum Konsultasi Publik ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan rencana pembangunan tahunan sebelum rumusan akhir RKPD.

“Hal ini berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 pasal 80 yang mengamanatkan bahwa rancangan awal RKPD harus dibahas bersama-sama dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan atau stakeholder melalui Forum Konsultasi Publik,” jelasnya.

Dikatakan Andi, diharapkan melalui Forum Konsultasi Publik dapat diperoleh pokok-pokok pikiran sebagai bahan masukan dan saran dalam penyempurnaan dokumen RKPD Tahun Rencana 2024.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, dalam sambutannya secara virtual menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik merupakan langkah strategis yang menentukan arah pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu kedepannya.

Zairullah juga menyebutkan bahwa kegiatan ini secara esensi merupakan bagian dari perwujudan amanah yang harus diperjuangkan demi kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya dan Tanah Bumbu pada khususnya.

“Ini menjadi kesempatan kita dalam membangun Tanah Bumbu yang terus berkelanjutan, karena apa yang kita pikirkan, diskusikan, dan putuskan hari ini bukan untuk kepentingan hari ini, tapi untuk kepentingan besok dan kehidupan yang akan datang,” ucap Bupati.

Untuk itu, Bupati berpesan apa yang dihasilkan pada Forum Konsultasi Publik ini dapat menjadi landasan-landasan terhadap berbagai hal sehingga memberikan makna dan manfaat bagi masyarakat Bumi Bersujud.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik ini ditandai dengan pemaparan Rancangan Awal RKPD Tahun 2024 yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik oleh unsur pimpinan dan tamu undangan yang hadir.

Adapun kegiatan Forum Konsultasi Publik ini diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari pihak Pemerintah, Swasta, LSM, dan Masyarakat.

Turut berhadir Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka secara virtual, Forkopimda, Pejabat di Lingkup Pemkab Tanbu, Pimpinan Instansi Vertikal, Camat, Lurah serta tamu undangan. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *