157 Anggota PKD Se-Tanbu Dilantik Bawaslu, Diharapkan Jaga Integritas

157 Anggota PKD Se-Tanbu Dilantik Bawaslu, Diharapkan Jaga Integritas

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) menggelar pelantikan dan pembekalan terhadap Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan dan Desa (PKD).

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Minggu (5/2/2023) sore ini melibatkan sebanyak 157 anggota PKD dari 157 desa se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kab Tanbu, H Kamiluddin Malewa mengatakan bahwa Panwaslu merupakan tulang punggung dan perpanjangan tangan dari Bawaslu, sesuai dengan tugasnya yaitu melakukan pengawasan.

Oleh sebab itu dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, dirinya meminta kepada PKD untuk terus meningkatkan koordinasi dengan unsur terkait dan tokoh masyarakat setempat.

“Bangun komunikasi dengan baik, bahwa nantinya kita akan terjun di mesin politik dan strategi politik dalam pengawasan, cintailah pekerjaan kita, bersama rakyat mengawasi Pemilu dan bersama Bawaslu menegakkan keadilan Pemilu,” katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Azhar Ridhanie, dalam kesempatannya mengatakan bahwa, Pemilu berintegritas dan bernilai demokratis bertujuan guna mencapai kualitas hasil pemilihan yang terbaik.

Terutama Bawaslu yang berperan dalam mengawasi dan antisipasi adanya kecurangan dalam Pemilu dan menjaga netralitas semua pihak.

“Harapan kita bersama, zero penemuan pengawasan pelanggaran dalam Pemilu,” sebutnya.

Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H Ambo Sakka memberikan apresiasi pelantikan PKD, yang mana sebagai tugas keberlanjutan menegakkan demokrasi Republik Indonesia.

“Pada hari ini, kalian telah diberikan tanggung jawab untuk menjadi pengawas pemilu, ada 3 hal penting yang perlu diingat, yaitu bangun sinergitas yang baik di lapangan, harus punya kompetensi deteksi dini (pemetaan kerawanan) dan jaga kenetralan,” ucapnya.

Sekda melanjutkan, keberhasilan Pemilu merupakan manifestasi keberhasilan juga bagi Pemkab Tanah Bumbu. Sekda berpesan untuk terus menjaga independensi dan integritas, sehingga Tanah Bumbu dalam kondisi Pemilu yang damai dan berdemokrasi.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu beserta jajaran, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Kepala SKPD, instansi vertikal dan tamu undangan. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *