Pengurus Koperasi Di Tanbu Ikuti Pelatihan Pola Syariah

Pengurus Koperasi Di Tanbu Ikuti Pelatihan Pola Syariah

Obsesirakyat.com Tanah Bumbu – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), mengadakan pelatihan perkoperasian pola syariah, bagi pengurus atau pengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) atau koperasi yang memiliki unit Usaha Simpan Pinjam (USP), berlokasi di Sunrise Guest House Batulicin, Selasa (7/3/2023).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan, pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan kapasitas SDM pengurus/pengelola koperasi, dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing usaha khususnya simpan pinjam dan pembiayaan berbasis syariah.

Menurut Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Erna Kalsum dalam laporannya menjabarkan, dasar kegiatan ini ialah Peraturan Menteri Koperasi dan UMK Nomor 18 Tahun 2015, tentang pedoman diklat bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Pelatihan dari program diklat pendidikan pengkoperasian ini, merujuk pada sub kegiatan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi Tahun Anggaran 2023, kegiatan rencana dilangsungkan hingga besok hari.

Menurut data, hadir 35 orang dari pengurus atau pengelola koperasi baik konvensional maupun yang sudah menerapkan pola syariah, khususnya koperasi yang memiliki program simpan pinjam di kawasan Kab Tanbu.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala DKUMP2 H Deny Haryanto, yang dalam kesempatannya mengatakan, garis besar Kegiatan ini untuk mengangkat SDM pengurus maupun pengelola koperasi, yang melakukan pola syariah, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan sebelumnya oleh pihak di Provinsi.

“Sehingga dengan pelatihan pemantapan ini lah, kita berharap adanya penambahan secara tersistem oleh pengelolaan koperasi nantinya, sehingga koperasi bisa maju dan terarah serta bisa berkembang kedepannya,” ujar Kadis DKUMP2 Tanbu.

Deny melanjutkan, dengan adanya koperasi (wadah) yang dapat membantu perekonomian semakin bagus, diharapkannya juga sebagaimana mengelola koperasi bisa menggunakan sistem keterbukaan atau transparansi yang mampu mensejahterakan anggota dan masyarakat di dalamnya.

Adapun narasumber dalam kegiatan pelatihan ini, dari Kementerian Agama Kab Tanbu, dengan membawakan materi pelatihan, yaitu mengenal lebih jauh tentang akad-akad transaksi keuangan syariah.

Kemudian pada hari Rabu (8/3/2023) disambung narasumber dari Pengurus KSU BMT Bersujud Manunggal, Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang, dengan materi praktek akuntansi keuangan syariah bagi koperasi. Kegiatan ini berjalan dengan tertib. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top