Buka Musrenbang RKPD Kab. Tanbu, Zairullah Sebut 5 Prioritas Pembangunan 2024

Buka Musrenbang RKPD Kab. Tanbu, Zairullah Sebut 5 Prioritas Pembangunan 2024

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bappedalitbang (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Rencana 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Jumat (17/03/2023).

Nampak mendampingi Bupati, Kepala Bappeda Kalsel Dr. Ir. Ariadi Noor, M.Si, Sekda Dr Ambo Sakka, Wakil Ketua DPRD Said Ismail, Anggota DPRD Tanah Bumbu Fawahisah Mahabatan, dan Kepala Bappeda Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat, Lurah, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, perusahaan dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyampaikan bahwa
forum musrenbang RKPD ini memiliki peran penting dan bernilai strategis guna mewujudkan perencanaan pembangunan yang komprehensif, terarah, terukur dan
sustainable.

“Terutama dalam mensinergikan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu periode tahun 2024, dengan arah kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi Kalimantan Selatan, untuk menyusun program-program strategis, dan sumber pembiayaan,” jelasnya.

Menurut Bupati, perlu bagi pemangku kepentingan di Tanah Bumbu untuk ikut fokus pada isu-isu strategis yang dihadapi yaitu kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, pengangguran, stunting, ketimpangan pendapatan, dan
pembiayaan pembangunan.

Zairullah mengingatkan nilai Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tanah Bumbu pada Tahun 2022 yang mencapai 5,45% dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya tumbuh sebesar (-1,39%).

“Ini artinya Tanah Bumbu telah pulih dan bergerak maju menuju sejahtera. Tantangan terbesar pertumbuhan ekonomi di Tanah Bumbu adalah bagaimana pertumbuhan ini merata di semua sektor hingga ke sektor industri kecil menengah dan UMKM. Ini yang akan kita tanggulangi bersama-sama,” pungkas Zairullah.

Untuk itu dalam rangka memetakan program-program strategis, maka ditetapkan tema pembangunan Kabupaten yaitu “Akselerasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Kemaritiman dan Agro Industri Menuju Masyarakat Madani”.

Tema ini disebut Zairullah mengarahkan pada 5 (lima) prioritas pembangunan Tahun 2024, yaitu Membangun Manusia yang Unggul serta Berdaya Saing dan Religius, Peningkatan Perekonomian Berbasis Potensi Maritim dan Agroindustri, Percepatan Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup, dan Peningkatan Kualitas Birokrasi Berbasis Nilai-Nilai Religius.

“Dimana aspek-aspek tersebut sebagai panduan operasional kita dalam mencapai Visi Membangun Tanah Bumbu yang Maju, Mandiri, Religius dan Demokratis,” katanya.

Oleh sebab itu, Bupati meminta penyusunan RKPD tahun 2024 ini, harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Selanjutnya dalam rangka proses menyusun RKPD tahun 2024 ini, saya menghimbau kepada seluruh pimpinan dan aparatur di SKPD, serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif,” pesan Zairullah.

Adapun disebutkan dasar Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *