Lestarikan Warisan Budaya Daerah, Gubernur Kalsel Apresiasi Pelaksanaan Mappanre Ri Tasi’e

Lestarikan Warisan Budaya Daerah, Gubernur Kalsel Apresiasi Pelaksanaan Mappanre Ri Tasi’e

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirim Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H. Sulkan menghadiri puncak perayaan Event Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi E Tahun 2023 di Pantai Pagatan, Minggu (04/06/2023).

Dalam sambutan yang dibawakan H. Sulkan, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan ungkapan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Paman Birini, Mappanre Ri Tasi’e tidak hanya sekedar memperkuat keterampilan warisan budaya maritim tetapi juga sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur di Kalimantan Selatan.

“Kita bersama-sama menyaksikan salah satu wujud kekayaan budaya kita yaitu pesta adat Mappanre Ri Tasi’e yang diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua, khususnya para nelayan berupa nikmat sehat, nikmat selamat dan tangkapan hasil ikan yang diperoleh selama 1 tahun ini,” ungkapnya.

Dengan tema “Nelayan Berkah Tanah Bumbu Sejahtera” mencerminkan betapa pentingnya peran nelayan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemakmuran daerah ini.

Acara ini dinilai juga memberikan gambaran yang indah tentang kekayaan warisan budaya di Kalimantan Selatan, yang dapat dilihat dengan jelas betapa beragamnya suku dan adat istiadat yang hidup berdampingan dalam keberagaman sebagai masyarakat yang bersatu dalam perbedaan.

Gubernur juga menyebut bahwa kekayaan budaya Kalsel memiliki potensi yang luar biasa bagi sektor pariwisata. Hal ini jika dikembangkan secara berkelanjutan dapat menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan.

“Mari kita bersama-sama menjadikan daerah ini daerah yang kaya akan warisan budaya, memperkaya pariwisata yang dan memberikan kesejahteraan yang berkelanjutan,” harapnya.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Bupati Tamah Bumbu, pimpinan Forkopimda, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD dan pejabat di lingkup Pemkab Tanbu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top