Pemkab Tanbu Bakal Tata Ulang Bangunan Kebakaran di Tungkaran Pangeran

Pemkab Tanbu Bakal Tata Ulang Bangunan Kebakaran di Tungkaran Pangeran

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Kebakaran yang terjadi di Gang Mawar, RT 19, Kelurahan Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) pada Kamis (27/06) mengakibatkan kerugian besar.

Kebakaran yang mengakibatkan 108 jiwa kehilangan tempat tinggal, sehingga mereka terpaksa mengungsi ke rumah kerabat atau mencari kontrakan baru.

Akibat hal tersebut, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah berkomitmen melalui dinas terkait memberikan berbagai bantuan kepada para korban kebakaran.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Tanbu, Ansyari Firdaus, menyatakan bahwa akan dilakukan penataan ulang terhadap bangunan yang terdampak.

Pihaknya akan melakukan pendataan, inventarisasi, serta verifikasi terhadap pemilik tanah bangunan yang terbakar.

“Nanti akan kita buatkan site plan dan akan kita tata, terkhusus untuk pelebaran jalan supaya akses kendaraan seperti ambulan dan pemadam dapat mudah lewat,” kata Ansyari saat mendampingi Bupati meninjau lokasi kebakaran, Jumat (28/06).

Untuk realisasinya, ia berharap akan dilakukan secepatnya melalui sejumlah tahapan termasuk rapat dengan pimpinan dan diusulkan pada anggaran perubahan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi, mengungkapkan bahwa tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) BPBD telah meninjau 22 bangunan yang terbakar. Ditaksir nilai kerusakan mencapai Rp4.397.500.000, dan nilai kerugian sekitar Rp659.625.000.

Adapun Dinas Sosial dan BPBD telah mendirikan posko disekitar lokasi untuk menampung bantuan bagi para korban, yang mencakup makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Hingga saat ini, bantuan dari berbagai pihak, tidak hanya dari Pemerintah Daerah tetapi juga Forkopimda, perusahaan, relawan, masyarakat, terus berdatangan. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top