​Ade Massorong: Upacara Adat Yang Unik Penduduk Asli Pulau Sewanggi 

Ade Massorong: Upacara Adat Yang Unik Penduduk Asli Pulau Sewanggi 

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Memasuki bulan Oktober, masyarakat Pulau Sewanggi Kabupaten Tanah Bumbu-Kalsel sibuk menyiapkan perayaan Ade Massorong. 

Penduduk asli Pulau Sewanggi dikenal masih tetap mempertahankan tradisi yang sudah turun-temurun itu. Acara tersebut biasanya memang diselenggarakan di bulan Oktober. Abdul Rahim, tokoh masyarakat  mengatakan, “Upacara Ade Massorong ini merupakan serangkaian doa memohon keselamatan bagi penduduk Pulau Sewanggi.” Ungkapnya saat ditemui di rumahnya terkait acara tersebut. 

Upacara yang dilaksanakan rutin tiap tahun sekali ini dipangku oleh ketua adat, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat setempat. Upacara doa Ade Massorong dengan indentik ada lekatan sebagai sesajinya yang ditaruh di perahu. Usai memohon keselamatan bersama-sama dipimpin oleh ketua adat dan didampinggi tokoh masyarakat dan penduduk asli Pulau Sewanggi, lekatan yang ada di atas perahu tersebut lalu didorong oleh ketua adat ke tengah, kemudian masyarakat berebut lekatan. Menurut kepercayaan, bagi mereka yang mendapatkan lekatan tersebut akan mendapatkan berkah keselamatan hidupnya. 

“Rencananya, acara upacara adat Ade Massorong akan menerima bantuan dari pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu agar bisa terlaksana acara tersebut,” andasnya. (ags/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *