Minyak Atsiri Sereh Wangi Desa Teluk Kepayang Jadi Komuditas Baru Di Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Turut Serta panen Sereh wangi

Tanah bumbu-Pengembangan tanaman sereh wangi di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu  cukup menjanjikan. Ini diperkuat sebuah kerja sama antara pihak pengelola dan PT. Indesso Aroma.


“Melalui  kerjasama ini  akan  memperjelas pemasaran untuk sereh wangi ini, hingga menjadi  komuditas  pertanian baru di Tanah Bumbu,”kata Bupati Tanah Bumbu  H. Sudian Noor saat memberikan sambutan dalam acara Panen Perdana dan Penyulingan Minyak Atsiri Sereh Wangi di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Sabtu (27/10).


Melihat dari prospek yang menjanjikan kesejahteraan masyarakat,  maka  cukup beralasan Bupati Tanah Bumbu memberikan sebuah apresiasi  atas dimulainya pergerakan ekonomi baru di desa ini. 


“Kita  berharap  ini akan menjadi percontohan bagi desa di tiap Kecamatan.Diyakini  kalau ini dikembangkan  tentu akan mendukung peningkatan perekonomian daerah sendiri ,”terangnya.


Disisi terpenting tambah dia,  keberadaan nya akan menumbuhkan sebuah kesadaran petani lain untuk mengembangkan komuditas secara berkelanjutan mulai pekarangan masing masing.


“Oleh karena itu, dengan pengembangan komoditas unggulan atsiri di daerah ini, tentu tidak hanya mampu memiliki prospek dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, akan tetapi juga kita harapkan dapat menyerap tenaga kerja,”jelasnya.


Sebelumnya juga dipaparkan pengelola pembudidayaan H. Basaluddin. Dimana pengembangan itu  dimulai dari sebuah perjuangan yang luar biasa sejak tahun 2016.


“Alhamdulillah selama perjuangan ini ada 8 hektar tanaman sereh yang siap kita panen hari ini, “ungkapnya


Diterangkannya  ini semata mata ingin memanfaatkan  lahan yang ada serta membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat.


Dengan niat itu,  maka usaha pengembangan dan penyulingan ini pihaknya siap membeli tanaman sereh dari masyarakat.


“Mulai sekarang manfaatkan pekarangan yang ada untuk tanami sereh lumayan hasil yang dijual akan menjadi tambahan penghasilan rumah tangga, “tandasnya. (Rel/w/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *