Gerbong KA Brantas Anjlok Di Jalur Double Track

Gerbong KA Brantas Anjlok Di Jalur Double Track

Obsesirakyat.com, Nganjuk – KA Brantas jurusan Blitar-Pasar Senin mengalami sedikit gangguan saat melalui rel jalur ganda (double track rail), Kamis (14/3).

KA terserbut berhenti tiba-tiba setelah berjalan sekitar 300 meter dari barat stasiun KA Nganjuk. Penyebabnya, gerbong ke-6 tak bisa berjalan lancar karena ada baut rel yang kendor dan mengakibatkan 1 roda di bawah gerbong ke-6 anjlok atau keluar rel. Beruntung Yudi (45), Masinis KA segera tanggap dan menghentikan laju KA. “Untung kecepatannya hanya 40 Km/jam karena baru berangkat dan bisa segera dihentikan,” ujar Yudi. Manajer Humas PT.l KAI Daop VII Madiun, Ir.Irfan Hendrowintoko, ST yang segera mendatangi lokasi menepis anggapan dan tudingan masyarakat jika KA anjlok karena rel jalur ganda itu belum siap dilewati.

“Bukan anjlok, hanya ada pergeseran posisi rel beberapa milimeter. Kemungkinan besar akibat bautnya ada yang kendor dan karena material urug yang kurang padat,” ungkap Irfan seraya menambahkan bahwa penyebabnya karena volume hujan yang cukup tinggi sehingga urugan pada bantalan jadi longgar. Sementara itu Tim Quality Control (QC) dari PT KAI jalur Jombang-Solo, Suwandi, ST menambahkan, musibah itu tetap jadi perhatian dan pihaknya berusaha keras untuk dapat memperbaiki dengan upaya semaksimal mungkin.

“Bisa saja ada faktor kelalaian dari petugas tapi tetap kita upayakan perbaikan sebaik mungkin,” imbuhnya. Meskipun gerbong KA tak sampai terguling dan tak ada korban jiwa, kejadian itu mengakibatkan perjalanan KA Brantas jadi terhambat dan terpaksa dimundurkan ke area stasiun hingga 3 jam menunggu selesainya perbaikan. (gung/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply