Pelatihan Pembuatan Tenun Pagatan Sebagai Warisan Budaya Tanah Bumbu

Pelatihan Pembuatan Tenun Pagatan Sebagai Warisan Budaya Tanah Bumbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Wahyu Windarti menutup pelatihan pembuatan Tenun Pagatan bertempat di Rumah Tenun Salma Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (09/11/2021).

Adapun kegiatan ini merupakan kerjasama antara DPC Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) dengan PT Arutmin Indonesia site Batulicin menggelar pelatihan pembuatan tenun khas pagatan bertempat.

Dalam sambutannya, Hj. Wahyu Windartk mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan
dapat menambah wawasan serta pengetahuan, kemandirian, kewirausahaan bagi peserta.

Terlebih peserta dari kegiatan ini merupakan anak-anak serta remaja yang putus sekolah dan berpendidikan rendah.

“Melalui kegiatan ini semoga bisa menambah pendapatan dan menciptakan lapangan kerja bagi UMKM yang ada di Bumi Bersujud,” sebut Hj. Wahyu Windarti.

Selain itu sebagai warisan budaya, ia berharap hal tersebut juga dapat melestarikan tenun khas pagatan yang merupakan salah satu ciri khas dan kebanggaan Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami harap pelestarian tenun pagatan ini dapat terus berjalan secara terus menerus dan juga kita pelihara secara bersama sebagai salah satu ciri khas Tanah Bumbu,” harapnya.

Turut hadir perwakilan Arutmin Indonesia site Batulicin, Plt. Kepala BLK Tanah Bumbu, Disdagri, Disnakertranskop dan UM, Disporpar dan Kec. Kusan Hilir. (*/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *