Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Lebaran, Pelni Batulicin Siapkan Dua Armada Tambahan

Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Lebaran, Pelni Batulicin Siapkan Dua Armada Tambahan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang arus mudik lebaran, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin menambah armada penyeberangannya.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Sudjito selaku Kepala Cabang Pelni Batulicin diruang kerjanya pada Selasa (26/04/2022).

Sudjito mengungkapkan bahwa pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah penumpang kapal yang cukup signifikan termasuk rute pelayaran Batulicin-Surabaya. Hal ini mengingat dalam dua terakhir adanya imbauan untuk tidak mudik yang digaungkan Pemerintah.

“Estimasi dari kita peningkatan jumlah penumpang mencapai lebih dari 100%, di tahun kemarin biasanya kita hanya mengangkut 300 penumpang namun di tahun ini lebih banyak mengingat kita juga menambah jadwal pelayaran,” jelasnya.

Sebagai informasi di hari-hari biasa, Pelni Batulicin menyediakan sebanyak 4 armada pelayaran dengan rincian 2 kapal penumpang dan 2 kapal perintis.

Kapal penumpang tersebut yakni KM Egon yang mempunyai kapasitas 405 penumpang dan KM Wilis yang mampu mengakut sebanyak 406 penumpang.

Namun untuk mengantisipasi animo masyarakat untuk mudik dengan lonjakan penumpang, Pelni menyiapkan dua kapal tambahan yakni dengan KM Binaiya yang mampu mengangkut 970 penumpang dan KMP Sanus 99 dengan kapasitas 400 penumpang.

Dua kapal ini dijadwalkan akan berangkat pada H-7 lebaran, KM Binaiya pada Rabu (27 April 2022) dan KMP Sanus 99 pada Kamis (28 April 2022).

“Setelahnya kita baru menyediakan kembali kapal setelah lebaran, jadi ini merupakan yang terakhir sebelum lebaran,” pungkasnya.

Untuk warga yang masih ingin mudik namun belum mendapatkan tiket, dirinya menghimbau untuk mengambil rute perjalanan kapal melalui Banjarmasin mengingat selain kapal tersebut tidak ada lagi pelayaran yang disediakan Pelni Batulicin dalam waktu dekat. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *