Panen Padi Meningkat, Petani Tanbu Optimis Lampaui Target

Panen Padi Meningkat, Petani Tanbu Optimis Lampaui Target

1-hasil-panen

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu bersama Kelompok Tani Harapan Bersujud Desa Kresik Putih, Kecamatan Batulicin, menggelar syukuran panen perdana pada Kamis (4/7).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut musim panen sekaligus wadah silahturahim. Hadir dalam kesempatan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, Andi Aminuddin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H. Setia Budi beserta jajarannya, tokoh masyrakat dan para petani yang tergabung dalam kelompok tani Harapan Bersujud.

Sambutan bupati yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, Andi Aminuddin, menyampaikan ucapan selamat atas berkah yang telah diterima para petani, berupa panen padi yang melimpah. “Selamat kepada para petani atas hasil yang melimpah ini. Kita semua patut mensyukuri apa yang sudah diberikanNya,” ungkapnya. Bupati berharap melalui syukuran hasil panen padi kali ini dapat menambah motivasi para petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil panen padi berikutnya.

Sementara di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H Setia Budi menjelaskan panen kali ini merupakan panen perdana untuk musim tanam periode Oktober-Maret (Okmar) di atas lahan 10 hektar. “Kita hari ini melaksanakan panen perdana diatas lahan 10 hektar yang dikelola oleh kelompok tani Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin,” ujarnya. Menurutnya jenis bibit padi yang dipanen tersebut adalah varietas Mikongga yang merupakan bantuan dari dana APBN yang diberikan kepada petani sebagai dukungan terhadap kemajuan pertanian di Tanah Bumbu.

“Untuk diwilayah Batulicin sendiri, terdapat 3.000 ha lebih lahan yang siap panen pada bulan April dan Mei ini,” tambahnya. Tidak hanya itu, dikatakannya pula, dalam waktu dekat ini ada sejumlah lahan pertanian yang siap dipanen. Tidak tanggung-tanggung jumlahnya menjapai puluhan ribu hektar yang tersebar di sepuluh Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Ia juga mengharapkan produktivitas hasil pertanian Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2019 ini dapat melampaui terget yang ditentukan, yakni sebesar 126 ribu ton. “Dengan hasil ini diharapkan kita bisa swasembada padi, dimana kita sudah memperkirakan hasil produktivitas kita melampaui target yang ditentukan,” pungkasnya. (rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *