Peringati Hari Juang Kartika, TNI Bersama Petani Desa Sarigadung Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

Peringati Hari Juang Kartika, TNI Bersama Petani Desa Sarigadung Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat ke-76, anggota Kodim 1022/Tanah Bumbu dan anggota Kompi-B Yonif 623/Bwu melaksanakan kegiatan gotong royong bersama masyarakat dan petani di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Jumat (17/12/2021).

Adapun kegiatan gotong royong menyasar kepada saluran air irigasi di lahan pertanian warga yang tersumbat akibat tumbuhan liar serta pengendapan tanah dan lumpur.

Babinsa Kodim 1022/Tanah Bumbu, Pelda Indro Turseno menyampaikan bahwa akibat tersumbatnya saluran air irigasi tersebut membuat sebagian lahan pertanian para pertani terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Kurang lancarnya air mengaliri irigasi menuju ke sungai dikarenakan parit salurannya tertutup oleh tanaman dan pendangkalan karena lumpur sehingga air meluap menggenangi sawah mereka,” ucap Pelda Indro.

Untuk itu melalui kegiatan ini, Anggota Babinsa Kodim 1022/Tnb dan Anggota Kompi B Yonif 623 bersama masyarakat serta didampingi PPL Dinas Pertanian yg ada di Desa Sarigadung saling bahu-membahu membantu para petani membersihkan dan mengeruk saluran irigasi tersebut.

“Jadi bersama-sama kami gali secara manual dengan alat seadanya dan Alhamdulillah saluran air irigasi menjadi lebih lancar dan sekarang bisa tembus menuju ke sungai,” jelas Pria yang juga merupakan Pembina Kelompok Tani Bina Makmur itu.

Pelda Indro Turseno juga menyampaikan apa yang telah dilakukan ini merupakan salah satu bentuk sinergi TNI dengan Rakyat sesuai dengan 8 wajib TNI yaitu “Menjadi Contoh dan Mempelopori Usaha-Usaha untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya.”

Selain itu ia menambahkan hal ini juga sesuai penekanan Komandan Kodim 1022/Tnb Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si, M.Tr(Han) kepada setiap Babinsa yang ada di wilayah untuk terus memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah kita bersama anggota Kompi Senapan B Yonif 623/Bwu air bisa kita tembuskan air mengalir ke sungai dan mudahan sawah para petani Rancah RT 07 Desa Sarigadung aman dari banjir dan kita bisa membantu para petani mengurangi ancaman gagal panen sebagian sawah mereka. Dan kita TNI AD siap membantu petani masyarakat kita karena TNI berasal dari Rakyat dan untuk Rakyat,” pungkasnya. (*/Red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *