Optimalisasi Pemanfaatan Aset Daerah, Tanbu Ikuti Arahan Kemendagri

Optimalisasi Pemanfaatan Aset Daerah, Tanbu Ikuti Arahan Kemendagri

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti webinar bersama Kementerian Dalam Negeri di Ruang Digital Live Room Kantor Bupati, Rabu (08/02/2022)

Diikuti Kepala BPKAD Tanbu, H. Syamsudin dengan pembahasan terkait penyelesaian permasalahan dan optimalisasi pemanfaatan aset daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Dikatakan Ditjen Bina Keuangan Daerah, Amanah, keuntungan dalam pemanfaatan aset daerah tentu dapat meningkatkan PAD dan pemerintah daerah akan mendapatkan sarana prasarana atas hasil dari pemanfaatannya.

“Kemudian biaya pemeliharaan tidak menjadikan beban APBD, hal demikian bisa saja ditanggung oleh mitra pemanfaatan. Kemudian dampak yang positif akan membuka peluang tenaga kerja disekitar lokasi objek pemanfaatan aset daerah,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Jamdatun Kejagung RI, Feri Wibisono mengatakan, pemanfaatan aset daerah merupakan sesuatu yang signifikan dan harus diupayakan secara optimal.

Disamping itu secara bersamaan tentu memerlukan kehati-hatian atau mitigasi resiko hukum agar tidak menimbulkan resiko hukum dikemudian hari.

Pada kesempatan ini dia mengajak sharing terkait berbagai kasus nyata yang harus diperhatikan terkait dengan masalah kapabilitas pengelolaan aset negara.

Dalam satu kebijakan atau pelaksanaan kegiatan terdapat resiko hukum yang memuat suatu kebijakan.

“Tentu kita memahami bahwa satu kebijakan itu memiliki potensi untuk dilakukan adanya challenge melalui sengketa tata usaha negara,” paparnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *