Buka Musrenbang RKPD Kec. Simpang Empat, Bupati Tanbu Tekankan Empat Prioritas Pembangunan

Buka Musrenbang RKPD Kec. Simpang Empat, Bupati Tanbu Tekankan Empat Prioritas Pembangunan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) HM Zairullah Azhar menekankan 4 (empat) hal yang menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu di masa yang akan depan.

Hal ini disampaikan Bupati Zairullah Azhar saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Simpang Empat, Senin (07/03/2022).

Yang pertama berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Bupati ini menjadi penting mengingat SDM merupakan penggerak pembangunan daerah dan oleh sebab itu perlu adanya perlindungan, pembinaan, serta pengembangan SDM yang terstruktur demi mempersiapkan masa depan Kabupaten Tanah Bumbu yang lebih baik.

“Jadi sekolahnya baik formal maupun non-formal, pendekatan keagamaannya, bahkan ketika masih di dalam kandungan harus kita persiapkan dengan baik agar kita mewariskan generasi yang tangguh yang Insya Allah menjadi penerus kita dalam memajukan Kabupaten yang kita cintai ini,” ujar Zairullah.

Yang kedua yakni tentang Infrastruktur. Jalan umum, lampu penerangan, serta kantor instansi pemerintah menjadi segelintir contoh yang disebutkan Zairullah saat menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya yang ketiga adalah Ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang baik tentu akan meningkatkan taraf hidup masyarakat, menekan angka kemiskinan dan pengangguran yang berdampak terhadap kemajuan pembangunan daerah.

Kemudian yang keempat berkaitan dengan Peran Pemerintah. Bupati menyadari bahwa perlu adanya persamaan visi-misi, persepsi serta komitmen yang kuat antar para pemangku kepentingan itu sendiri sehingga apa yang menjadi cita-cita dan tujuan pembangunan bersama dapat terwujud.

Bupati menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang RKPD ini merupakan sebuah forum yang sangat strategis guna menyerap aspirasi masyarakat serta usulan yang disampaikan dari unsur Pemerintah yang ada di tingkat Desa dan Kecamatan dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Oleh sebab itu dirinya berharap kepada Kepala Desa, Camat dan pihak terkait untuk dapat bersinergi dan bekerjasama dalam menyikapi apa yang menjadi permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

“Semoga dengan dukungan dan kerja keras kita bersama, apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab serta cita-cita kita menjadikan Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah dimudahkan oleh Allah swt.” harap Bupati.

Camat Simpang Empat Supiani, M. IP. dalam laporannya mengatakan bahwa melalui kegiatan ini para Kepala Desa akan menyampaikan sejumlah usulan yang diangkat dari permasalahan-permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat untuk kemudian diintegrasikan dengan skala prioritas pembangunan daerah.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Simpang Empat, ini memiliki tema “Penguatan Infrastruktur dan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Berkeadilan untuk Optimalisasi Kapabilitas Daerah Bernuansa Kearifan Lokal yang Religius”.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, Camat Simpang Empat, Kepala SKPD, DPRD, Muspika Simpang Empat, Kepala Desa/Lurah, Kepala RT, serta instansi terkait lainnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *