MTQN Ke-XVIII Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Resmi Dibuka

MTQN Ke-XVIII Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Resmi Dibuka

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-XVIII Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Kantor Kecamatan Angsana pada Jumat (02/09/2022) malam, dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar.

Diawali dengan pawai kafilah dari setiap Kecamatan, penampilan Tari Kolosal Angsana dari SBA Angsana dan Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Qori Internasional Ustad Darwin Hasibuan, Juara 1 MTQ Internasional DMDI di Melaka Malaysia Tahun 2012

Ketua Panitia MTQN Ke-XVIII Tingkat Kab. Tanah Bumbu, Liana Hamita, dalam laporannya menyampaikan bahwa diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan potensi minat dan bakat generasi muda agar senantiasa membumikan Al-Qur’an sehingga nantinya dapat menghasilkan generasi qori dan hafidz terbaik di Kabupaten

Mengusung tema “Baca Al Qur’an Hayati dan Amalkan Kandungannya Untuk Akselerasi Pembangunan Bumi Bersujud Mewujudkan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah”, MTQN Ke-XVIII ini di laksanakan selama 2-8 September 2022.

Sebanyak 28 cabang lomba beserta festival rebana diadakan, dengan diikuti sebanyak 626 peserta yang terdiri dari 12 Kafilah dari setiap Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Abah zairullah atas bimbingannya selaku Pembina kegiatan ini, tentunya tak lupa juga saya ucapkan terima kasih atas dedikasi panitia dan pihak terkait dan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanbu, Drs. H. M. Rudi Hilmi, menyebutkan bahwa ayat suci Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Membaca al-quran merupakan bagian dari ibadah umat Muslim kepada Allah SWT. terlebih apabila ditambah dengan mempelajari, mendalami, mengamalkan dan mengambil hikmah yang terkandung didalamnya, yang berisi nilai-nilai keimanan ilmu pengetahuan kisah sejarah falsafah hidup kemuliaan dan keteladanan serta pesan-pesan moral yang agung.

Melalui kegiatan MTQ yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, diharapkan mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan dari segi keagamaan serta membentuk akhlakul karimah masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia juga menambahkan bahwa para juara pada gelaran MTQ Tingkat Kabupaten nantinya akan dikirim mewakili Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan tahun 2023 yang akan datang,.

“Semoga dan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum dan khususnya generasi muda untuk semakin giat mengaplikasikan nilai-nilai Alquran,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam kesempatannya, mengaku bangga dan terharu menyaksikan betapa meriahnya gelaran MTQ Ke-XVIII kali ini.

Sembari menyampaikan rasa syukur, Bupati menyebutkan bahwa apa yang telah terjadi di masa ini merupakan sebuah perubahan yang luar biasa, mengingat Kabupaten Tanah Bumbu yang terus tumbuh dengan berbagai proses dinamika yang menyertai.

Melalui momentum MTQ tersebut Zairullah kemudian berpesan kepada Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa serta unsur Pemerintah lainnya, untuk dapat bersungguh-sungguh untuk bagaimana memberikan warisan amal jariyah bagi masyarakat, di samping pembangunan fisik.

Kemudian kepada peserta MTQ, Zairullah berharap hadiah yang dipersiapakan dapat menjadi dorongan bagi peserta yang memberikan yang terbaik, serta event ini diharapkan dapat mencetak generasi penerus Bumi Bersujud yang cinta Al-Qur’an.

“Hari ini kita berkomitmen bahwa salah satu yang ingin kita capai adalah mewariskan generasi tangguh masa depan yang bukan hanya cerdas dalam keilmuan, tetapi juga cerdas dalam agama dan mudah-mudahan bisa menjadi penghafal penghafal Al-Qur’an,” ucapnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati kemudian secara resmi membuka MTQ Ke-XVIII Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu dengan menekan tombol sirine.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Ketua MUI, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Kepala SKPD
pimpinan instansi vertikal, perusahaan dan perbankan, Camat se-Kab. Tanbu Kepala Desa, Dewan Hakim dan Dewan Juri, Kafilah utusan Kecamatan serta tamu undangan. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *