Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Tanbu Ikuti Sikat Gigi Serentak

Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Tanbu Ikuti Sikat Gigi Serentak

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan menggelar Kegiatan Sikat Gigi Bersama Anak Sekolah Dasar Secara Serentak, bertempat di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (12/09/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka.

Dalam kesempatannya, Sekda mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Gigi Nasional dan bersyukur di tahun ini Tanah Bumbu dapat memperingati hal tersebut.

Sekda kemudian menyebutkan bahwa generasi muda dalam hal ini anak-anak Sekolah Dasar, harus diberikan edukasi dan pendidikan terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi, sehingga disamping menjadi generasi yang cerdas juga menjadi generasi yang sehat.

Ia meyakini dengan adanya edukasi yang baik di lingkungan anak, seperti dari orang tua dan guru, maka anak tersebut dapat mencontoh perilaku baik yang ada sekitarnya, termasuk dengan rajin menyikat gigi.

“Kami dari Pemerintah Daerah akan terus memantau apa yang menjadi kewenangan dan intervensi kami, seperti dengan memberikan bantuan atau kegiatan edukasi seperti yang dilaksanakan pada hari ini,” ucap Sekda.

Sementara itu Misnawati selaku Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, melaporkan bahwa kegiatan Sikat Gigi Bersama ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dengan target Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 20.000 siswa dan Kabupaten Tanah Bumbu sejumlah 1.500 siswa.

“Karena permintaan dari sekolah dan antusiasme dari anak-anak, target Tanah Bumbu yang awalnya 1.500 siswa melebihi menjadi 2.200 siswa, yang terlibat dari 14 sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu, dibagi menjadi 125 siswa perkecamatan, diawasi oleh pihak Dinkes dan anggota PDGI yang juga sebagai pelaksana tugas perkecamatan,” ucapnya.

Terdata 14 sekolah tersebut diantaranya SDN Pondok Butun, SDN 1 Sari Mulya, SDN 2 Batuah, SDN 1 Giri Mulya, SDN 2 Giri Mulya, TK Pembina Giri Mulya, SDN 1 Manunggal, SDN Tungkaran Pangeran, SDN Karang Indah, SDN 1 Suka Damai, SDN Saring Sungai Bubu, SDN 1 Teluk Kepayang, SDN Sungai Danau, SDN Binawara.

Oleh sebab itu, ia menambahkan di waktu yang sama, petugas dari Dinas Kesehatan serta Puskesmas yang ada tiap Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, juga turun langsung di sekolah yang ditunjuk guna melaksanakan aksi serupa. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *