Penanganan Jalan Nasional Di Satui Lamban, Pemkab Tanbu Segera Bangun Jalan Daerah

Penanganan Jalan Nasional Di Satui Lamban, Pemkab Tanbu Segera Bangun Jalan Daerah

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) segera membangun Jalan Daerah sebagai jalan alternatif mengantisipasi kerusakan Jalan Nasional KM 171 Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Sejatinya, kerusakan Jalan Nasional di KM 171 di Satui merupakan kewenangan dan tanggung jawab dari Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

Namun akibat penanganan yang terkesan lamban, Pemerintah Daerah mengambil sikap untuk membangun jalan sendiri menggunakan dana milik daerah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah dalam pertemuannya bersama wartawan, Selasa (11/10/2022).

“Karena ini kebutuhan yang mendesak situasinya bagi masyarakat dan sebagai tanggung jawab kita, Pemerintah Daerah akan menggunakan dana dari APBD sekitar Rp. 5 Milyar untuk pembuatan jalan daerah,” ujarnya.

Bupati menyoroti kondisi jalan yang sudah sangat membahayakan dan dikhawatirkan terjadinya longsor susulan. Selain itu antrian masyarakat pengguna jalan juga semakin mengular dan menguras waktu.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini, tim yang telah ditunjuk oleh Pemda telah turun ke lapangan untuk mulai mengerjakan jalan yang dimaksud.

“Yang penting bagi kita masyarakat bisa selamat dan nyaman sehingga aktivitas bisa lancar. Insya Allah 3 hingga 4 hari kedepan jalan sudah selesai,” kata Bupati.

Selain itu dalam kesempatan tersebut, Zairullah juga merespon adanya berbagai kritik dan opini publik yang beranggapan bahwa Jalan Nasional tersebut adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Menanggapi hal itu Bupati menyampaikan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan kritikan yang diterima mengingat hal tersebut menurutnya merupakan risiko dari jabatan.

Namun Bupati berharap masyarakat dapat memahami kondisi yang sebenarnya terjadi dan mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah demi kepentingan masyarakat banyak. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply