KPU Tanah Bumbu Lantik 471 Anggota PPS Pemilu 2024

KPU Tanah Bumbu Lantik 471 Anggota PPS Pemilu 2024

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu –
Dalam rangka tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, sebanyak 471 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Tanah Bumbu telah resmi dilantik.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji dipimpin langsung oleh Ketua Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Makhruri, S.E., di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa (24/01/2023).

Dasar kegiatan ini sebagaimana Keputusan KPU Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Penetapan dan Pengangkatan PPS di Kabupaten Tanah Bumbu Untuk Pemilu 2024.

471 anggota PPS dari 157 Desa dan 12 Kecamatan yang telah dilantik akan bekerja selama 14 bulan terhitung sejak tanggal 24 Januari 2023 sampai dengan tanggal 4 April 2024.

Kepada Obsesirakyat.com, Ketua KPU Tanbu, Makhruri, menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan ini merupakan tindak lanjut dan tahap akhir dari seleksi terbuka PPS yang telah diselenggarakan oleh KPU.

Ia menyebut bahwa lebih dari 50% anggota PPS Tanbu untuk Pemilu 2024 diisi dengan orang baru alias mereka yang bukan menjadi anggota PPS di Pemilu sebelumnya.

Dijelaskan Makhruri, PPS adalah bagian dari penyelenggara pemilu yang merupakan perpanjangan tangan KPU di tingkat desa.

PPS ini yang nantinya akan melakukan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk melaksanakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Tanah Bumbu berdasarkan peta yang ada dibutuhkan sebanyak 1.142 TPS, mereka PPS yang akan membentuknya serta mengangkat Pantarlih yang akan melakukan pemutakhiran data pemilih secara door to door,” katanya.

Ketua KPU Tanbu itu berharap para anggota PPS yang dilantik dapat mengawal serta mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Tanbu seperti layaknya Pemilu Tahun 2020.

“Karena pada Pemilu Tahun 2020 kita KPU Tanah Bumbu sukses besar menyelenggarakan Pilkada, dimana situasi politik yang tinggi pada saat itu bisa kita reda. Oleh sebab itu sukses besar ini kita titipkan kepada mereka yang dilantik untuk dipertahankan,” harap Makhruri.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Tanbu beserta jajaran juga menyalami dan memberikan ucapan selamat kepada para PPS yang dilantik. Para anggota PPS juga diberikan pengenalan dan pembekalan singkat oleh KPU Tanbu terkait tupoksi dan tugasnya.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut jajaran KPU Tanbu, Ketua Bawaslu Tanbu Kamiluddin Malewa, Forkopimda, pejabat SKPD, Camat, Kepala Desa, anggota PPK dan tamu undangan. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply