Di Bulan Ramadhan, Disdik Tanbu Harap Sekolah Adakan Pesantren Kilat

Di Bulan Ramadhan, Disdik Tanbu Harap Sekolah Adakan Pesantren Kilat

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bulan Ramadhan 1444 H atau bulan puasa tinggal menghitung hari. Bulan suci bagi umat Islam tersebut identik dengan berbagai kegiatan keagamaan.

Salah satunya yakni program Pesantren Kilat atau Pesantren Ramadhan yang dilakukan satuan pendidikan atau sekolah.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyampaikan bahwa pada setiap tahunnya, mayoritas satuan pendidikan di Tanah Bumbu mengadakan kegiatan tersebut.

“Rata-rata hampir seluruh sekolah mengadakan, tidak hanya sekolah islam tetapi juga sekolah umum dengan murid yang mayoritasnya beragama Islam biasanya turut mengadakan Pesantren Ramadhan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Eka Saprudin melalui Kepala Bidang SD Salman, Jumat (10/03/2023).

Sesuai dengan nama kegiatannya, melalui Pesantren Kilat para siswa diajarkan tentang berbagai ilmu dan pengetahuan yang diterapkan layaknya kehidupan di Pesantren, mulai dari nilai keagamaan serta kemandirian.

Hal ini tentu dinilai sejalan dengan komitmen Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar yang terus menggencarkan nilai keagamaan guna mewujudkan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah.

Dikatakan bahwa durasi pelaksanaan Pesantren Kilat di Tanah Bumbu cukup beragam. Untuk sekolah umum biasanya melangsungkan Pesantren Kilat selama dua hingga tiga hari, namun untuk sekolah islam biasanya melaksanakan kegiatan ini selama satu minggu.

Salman menyebutkan, bahwa waktu pelaksanaan Pesantren Kilat di tahun ini diminta tetap berpedoman terhadap jadwal Kegiatan Belajar Mengajar saat bulan Ramadhan.

Adapun melalui kalender akademik yang telah diterbitkan Dinas Pendidikan di awal tahun ajaran 2022/2023, akan ada libur di awal bulan Ramadhan pada tanggal 22 – 25 Maret 2023. Setelah libur, masuk 12 hari selama 27 Maret – 8 April 2023, lalu kemudian libur Idul Fitri dari 10 – 29 April 2023.

“Namun keputusan ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan atasan dan pemangku kepentingan apakah akan kembali diliburkan total seperti tahun lalu,” kata Salman.

Ia mengatakan apapun kebijakan yang dikeluarkan nantinya oleh Disdik Tanbu selama bulan Ramadhan, diharapkan tidak akan memberatkan kepada siswa yang melaksanakan ibadah puasa.

“Mudah-mudahan Pesantren Ramadhan ini dapat terus berjalan seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *