Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui NTP, Diskominfo Gelar Expose Bersama BPS

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui NTP, Diskominfo Gelar Expose Bersama BPS

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu -Dalam upaya menggambarkan perkembangan kesejahteraan petani, Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfosp) Kabupaten Tanah Bumbu bersama Badan Pusat Statistik (BPS) setempat menggelar ekspose Nilai Tukar Petani (NTP) pada Jumat (26/01/2024) di Ruang Rapat Diskominfo SP Tanbu.

Peserta ekspose melibatkan berbagai pihak, termasuk Asisten, Komite Perencana Kabupaten Tanah Bumbu, SKPD terkait, BPS, dan Tenaga Ahli Penyusunan dan Analisis NTP BPS.

Kepala BPS Tanbu, Ihsan Nulhakim, menyampaikan bahwa tujuan utama ekspose ini adalah untuk memantau perkembangan kesejahteraan petani. Salah satu indikator yang diukur adalah tingkat pendapatan dan pengeluaran petani.

Menurut Ihsan, NTP menjadi cermin kemampuan tukar produk petani, yang pada gilirannya mencerminkan kesejahteraan mereka.

Meskipun NTP menunjukkan peningkatan, Ihsan menegaskan bahwa nilai tersebut belum sepenuhnya mencakup semua aspek kesejahteraan petani.

“Dalam kesederhanaannya, NTP menggambarkan daya beli pendapatan petani, meskipun belum mencakup semua aspek,” ujarnya.

NTP digunakan sebagai alat untuk mengukur kemampuan tukar produk petani, sejalan dengan kebutuhan produksi dan konsumsi rumah tangga.
Peningkatan nilai NTP diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan petani secara relatif. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *