Tingkatan Ekonomi Di Desa, Pengurus BUMDes Ikuti Pelatihan

Tingkatan Ekonomi Di Desa, Pengurus BUMDes Ikuti Pelatihan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Gedung Mahligai Bersujud, Selasa (16/11/2021).

Plt. Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir, selaku panitia penyelenggara mengatakan dari bahwa dari total 144 Desa yang ada di Tanah Bumbu sudah terbentuk sebanyak 143 BUMDes. Dengan demikian maka hanya tersisa satu desa yang belum memiliki BUMDes.

Adapun dari 143 BUMDes, sebanyak 62 berstatus tumbuh, 67 berstatus berkembang, dan 14 berstatus maju.

Menurutnya melalui pemberdayaan Sumber Daya Manusia yang ada di BUMDes akan berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian yang ada desa.

“Tentunya hal ini juga sangat menentukan desa itu sendiri apakah desa maju, desa berkembang, atau desa mandiri. Oleh karena itu mari kita berinovasi serta manfaatkan potensi yang ada di desa guna mensejahterakan masyarakat,” imbaunya.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia yang ada di BUMDes guna memperkokoh pilar pembangunan ekonomi menuju Kabupaten Tanah Bumbu yang unggul, mandiri, religius, dan demokratis.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj. Mariani saat membuka Pelatihan Pengurus BUMDes mengatakan BUMDes di Tanah Bumbu memiliki potensi untuk berkembang lebih baik.

Ia menyebutkan bahwa potensi ini bisa digali dengan terus mengembangkan inovasi yang dapat menarik minat serta melibatkan masyarakat sehingga BUMDes dapat benar-benar dirasakan peran dan manfaatnya.

Hj. Mariani berharap melalui pelatihan ini diharapkan para pengurus termotivasi mendorong pembangunan perekonomian masyarakat melalui BUMDes.

“Ikuti kegiatan ini dengan baik dan semoga kegiatan ini bisa memotivasi tanggungjawab dan amanah dari pengurus BUMDes untuk terus memberikan kinerja yang terbaik,” harapnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *