42 Desa di Tanbu Delakrasikan ODF Wujudkan Kabupaten Sehat

42 Desa di Tanbu Delakrasikan ODF Wujudkan Kabupaten Sehat

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Sebanyak 42 Desa di Kabupaten Tanah Bumbu menggaungkan Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Sembarangan di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kamis (30/12/2021).

Kegiatan ini disaksikan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar bersama Forkopimda, Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tanbu serta Sekda yang juga menandatangani komitmen bersama guna mendukung gerakan ini.

Ketua Forum KKS Tanbu, Fawahisah Mahabbatan dalam laporannya menyampaikan bahwa Forum Kabupaten/Kota Sehat mempunyai tugas dan fungsi untuk mendorong kegiatan masyarakat yang berorientasi terhadap kebersihan dan kesehatan.

“Guna mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang sehat, Forum KKS telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Rapat Koordinasi dengan Tim Pembina Kabupaten serta Sosialisasi di seluruh Kecamatan,” jelas Fawahisah.

Untuk itu Fawahisah menambahkan bahwa Forum KKS memiliki target di tahun 2022 hingga 2024 yakni mempercepat pencapaian indikator pokok penilaian Kabupaten/Kota Sehat salah satunya melalui Stop Buang Air Besar Sembarangan atau ODF.

“Forum KKS bersama lintas sektor akan mengawal pelaksanaan program kegiatan sesuai visi dan misi Bupati menuju Kabupaten Tanah Bumbu yang sehat,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam kesempatannya memberikan apresiasi kepada Forum KKS serta para Kepala Desa yang telah dengan lantang mendeklarasikan program ini.

Menurut Bupati, deklarasi ini menjadi sebuah tanggung jawab bersama baik itu Pemerintah Daerah dan stakeholder untuk membuktikan dan merealisasikan apa yang menjadi komitmen bersama.

Terlebih Zairullah menjelaskan, bahwa di motto Kabupaten Tanah bumbu yakni Bersujud (Bersih, Syukur, Jujur dan Damai), memiliki kata ‘Bersih’ di dalamnya.

“Oleh karena itu penting bagi kita untuk terus melanjutkan perjuangan dan komitmen kita dalam Kabupaten Bersih, sehingga Insya Allah kita akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan di Kabupaten yang kita cintai ini,” harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada desa ODF serta membuka Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting (KP2S) yang dilaksanakan setelah deklarasi selesai digelar. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *