Bappedalitbang Tanbu Dorong Pengembangan Ekosistem Birokrasi Di Era Digital

Bappedalitbang Tanbu Dorong Pengembangan Ekosistem Birokrasi Di Era Digital

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Sebanyak 10 finalis Tanah Bumbu Innovation Award (TIA) 2024 memaparkan inovasinya

Bupati menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanbu melalui Bappedalitbang terus membangun ekosistem inovasi guna mendukung proses reformasi birokrasi, meningkatkan pelayanan publik, dan mempercepat kesejahteraan dalam penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri TIA 2024 di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin, Rabu (22/5/2024).

Dalam sambutan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Abah Zairullah Azhar yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Eka Saprudin, menyambut baik pelaksanaan TIA 2024 yang digagas oleh Bappedalitbang Tanbu.

“Birokrasi di era digital saat ini menjadi lebih implementatif dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Inovasi menjadi kata kunci dalam perumusan kebijakan agar pelaksanaan pembangunan menjadi berkualitas dan implementatif, serta menghadirkan layanan publik yang prima secara optimal,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan bahwa indeks inovasi daerah akan menjadi penilaian atas inovasi yang dilakukan, yang akan mendorong persaingan antar pemerintah daerah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga terwujud kesejahteraan rakyat di Bumi Bersujud.

Kepala Bappedalitbang Tanbu, Andi Anwar Sadat, menjelaskan bahwa TIA 2024 bertujuan untuk menciptakan budaya inovasi di lingkungan pemerintah daerah Tanah Bumbu dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan publik dan daya saing daerah.

Pada tahap awal penjaringan TIA 2024, sebanyak 76 inovasi dilaporkan masuk dalam aplikasi Sistem Riset dan Inovasi (Serasi).

“Tanah Bumbu Innovation Award diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Adapun 10 finalis yang diumumkan terbagi dalam dua kategori: Kategori SKPD dan Kategori Masyarakat.

Kategori SKPD:
1. Disdukcapil Tanbu dengan inovasi Detak-Detik (Desa Tertib Administrasi Kependudukan Dengan Teknologi Informasi Komunikasi).
2. Bappedalitbang dengan inovasi Sistem Informasi Riset dan Inovasi (SERASI).
3. Bappedalitbang dengan inovasi Sarana Implementasi Perencanaan Berbasis Spasial Untuk Percepatan Pembangunan (Simple Plan).
4. Dinas PMPTSP dengan inovasi My Perizinan.
5. Dinas Kominfo SP dengan inovasi Sistem Informasi Media Center Berbasis Android dan iOS Terintegrasi (Simetris).

Kategori Masyarakat
1. SMK Muhammadiyah Kusan Hilir dengan inovasi Inhibisi Korosi Pada Baja Lunak dalam Media Air Gambut dengan Menggunakan Senyawa Aktif dalam Daun Singkong.
2. Pejuang Literasi Tanah Bumbu (PETA) dengan inovasi Kuliah Gratis dan Road To School dalam upaya percepatan progres talenta muda Tanah Bumbu.
3. SMK Negeri 1 Sungai Loban dengan inovasi Pemanfaatan Enzim Bromelin dari Kulit Nanas sebagai Anti Inflamasi.
4. SMKN 2 Simpang Empat dengan program Kewirausahaan Siswa Menuju Sekolah Mandiri sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat daerah Kabupaten Tanah Bumbu.
5. SMAN 1 Angsana dengan inovasi Batik Ecoprint.

Adapun tim Juri TIA 2024 terdiri dari Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Eka Saprudin, Murwani Viviene Antang dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Kalimantan Selatan, dan Musdalifah dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top