Panen Raya Padi, Kelompok Tani Sejahtera Gunung Tinggi Gelar Syukuran

Panen Raya Padi, Kelompok Tani Sejahtera Gunung Tinggi Gelar Syukuran

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pertanian menghadiri kegiatan Syukuran Panen Padi Kelompok Tani Sejahtera, Kelurahan Gunung Tinggi, Rabu (15/09/2021).

Turut berhadir Kepala Dinas Pertanian beserta jajaran, Lurah Gunung Tinggi, Kelompok Tani, SKPD, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan.

Yudi Hanna selaku Lurah Gunung Tinggi dalam sambutannya menyampaikan bahwa syukuran yang dipromotori oleh Petani Sejahtera di Kelurahan Gunung Tinggi ini dilakukan dalam rangka keinginan para petani untuk mengungkapkan rasa syukur mereka.

Oleh karena itu, Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih dalam penyelenggaraan kegiatan Gapoktan yang telah di bantu, baik dari Mentri tani, PPL di kelurahan dan di dukung Pemda.

Syukuran Panen Padi tersebut disebut juga memberikan rasa haru dan suka cita dari berbagai pihak dan kalangan yang menghadiri kegiatan tersebut, karena berhadapan dengan kondisi cuaca yang ekstrim dengan kapasitas curah hujan yang tinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Seperti yang disebutkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Faurazi Akbar yang mengatakan dirinya tidak menyangka dalam cuaca hujan deras hampir setiap hari dan dalam kondisi banjir di berbagai kawasan daerah Kab Tanbu, kelompok tani sejahtera mampu mengadakan kegiatan syukuran panen padi ke dua menjelang akhir tahun.

Disamping itu dirinya telah menampung beberapa keluhan warga tani terkait kendala yaitu diantaranya pengairan sawah yang kurang lancar, keinginan petani untuk normalisasi sungai, dan kendala terjadinya pasca panen.

“Alhamdulillah pihak kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana ada kelompok tani yang bisa menyelenggarakan syukuran panen padi bersamaan dengan cuaca yang tidak mendukung,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah akan terus berupaya membantu para petani, maupun kelompok tani dalam mengembangkan pertaniannya. Oleh sebab itu, jika petani merasa ada yang hal yang diperlukan dalam rangka mengembangkan komoditas pertanian, maka Pemerintah Daerah selalu siap membantu melalui SKPD terkait.

“Apapun kendalanya tolong segera di laporkan, baik permasalahan terkait pengairan sawah dan normalisasi sungai maupun terkait jalan usaha tani, jika ada kepentingan mendesak, segera bikin proposal agar bisa ditangani lebih lanjut dengan dinas terkait dan dipikirkan solusi pemecahannya,” ungkap Faurazi Akbar. (*/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *