Bupati Kunjungi Posko Banjir Satui

Bupati Kunjungi Posko Banjir Satui

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar kunjungi posko pengungsian warga yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Satui, Minggu (15/5/2021).

Kedatangan Bupati tersebut juga mendampingi kunjungan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA yang turut memantau langsung penanganan bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu yang berlokasi di Kecamatan Satui.

Turut berhadir Wakil Bupati M. Rusli, Pj Sekda H. Ambo Sakka, Dandim 1022/Tnb Letkol Cpn Rahmat Trianto beserta sejumlah pejabat dan unsur terkait lain.

Dalam kesempatannya Zairullah mengatakan bahwa bencana banjir yang berdampak terhadap sekitar 13.000 jiwa di Kecamatan Satui dengan jumlah warga yang telah diungsikan di posko pengungsian sebanyak 280 jiwa.

“Dalam dua hari terakhir alhamdulillah kita melihat ketinggian air sudah mulai menurun, kita harap dua hari kedepan banjir sudah clear dan logistik sudah kita siapkan hingga untuk satu minggu,” pungkas Bupati.

Ia menambahkan bahwa bencana banjir di Satui selain menimbulkan kerusakan terhadap bangunan dan rumah yang ditinggali oleh warga, juga berdampak terhadap 480 hektar area pertanian yang siap panen mengalami kegagalan.

“Setelah banjir usai kita akan melakukan relokasi dan masyarakat sudah setuju, dan kita akan melakukan relokasi terhadap sekitar 400 sampai 500 rumah,” tambah Zairullah.

Zairullah menyebutkan bahwa yang terpenting agar bencana banjir yang selalu terjadi setiap tahun tidak terulang, ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah akan segera mengusulkan ke Pemerintah Pusat terkait rencana pembangunan Bendungan Kusan.

“Bendungan tersebut nantinya akan menjadi tempat penampungan air sehingga kita berharap tidak terjadi lagi banjir dan juga akan menjadi pusat irigasi, pertanian, perekonomian, sekaligus akan kita buat Pembangkit Listrik Tenaga Air,” jelas Zairullah.

Zairullah berharap apa yang Pemerintah Daerah rencanakan tersebut dapat menuntaskan permasalahan banjir secara menyeluruh di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Semoga apa yang kita rencanakan ini mudah-mudahan disetujui oleh pusat,” tutup Zairullah. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply