Kejuaraan Pencak Silat Bumi Bersujud I, PSHT Cabang Tanah Bumbu Sabet 21 Medali

Kejuaraan Pencak Silat Bumi Bersujud I, PSHT Cabang Tanah Bumbu Sabet 21 Medali

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Tanah Bumbu (Tanbu) berhasil menyabet 21 medali dari 22 kelas yang diikuti dalam kejuaraan pencak silat ‘Bumi Bersujud 1’.

Adapun rincian jumlah medali yang diraih oleh PSHT Tanbu dalam kejuaraan pencak silat tersebut yakni 17 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu sekaligus meraih predikat Juara Umum.

Selain PSHT, Even yang digelar oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kab. Tanbu ini juga diikuti oleh berbagai perguruan pencak silat diantaranya Cempaka Putih, Asad PERSINAS, Kera Sakti, PSHT PM, dan BI.

Ketua PSHT Provinsi Kalimantan Selatan, Ribut Giyono menyampaikan bahwa kejuaraan pencak silat ini merupakan sebuah kegiatan sangat positif dan sangat baik terkhusus bagi generasi muda yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Terlebih melalui kegiatan ini juga untuk menyalurkan bakat sekaligus melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia, yg saat ini sudah menyebar di 17 Negara di Luar negeri,” ujar Ribut.

Namun Ribut juga menyebutkan masih perlu adanya evaluasi serta pembinaan yang lebih maksimal dan optimal terhadap pembinaan pencak silat di Tanah Bumbu.

“Meski demikian saya sangat mengapresiasi kepada pengurus IPSI Kabupaten Tanah Bumbu yang telah memberikan kesempatan kepada seluruh perguruan silat di Bumi Bersujud untuk bersilaturahmi dalam prestasi dan berkompetisi,” pungkasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum KONI Tanbu itu juga menuturkan bahwa di Kalimantan Selatan untuk kegiatan-kegaiatn seperti ini harus terus di tingkatkan serta disosialisasikan lagi secara masif.

“Seperti kita ketahui pada bulan September 2021 juga telah kami selenggarakan Grand Final PSHT Kalsel di Tanah Laut. Dan pada akhir Oktober 2021 juga baru saja di selenggarakan Kejuaraan Dunia piala RM. Koes Soepangat di TMII Jakarta Timur,” lanjut Ribut.

“Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua Umum Pusat PSHT, M. Taufik, pada sambutan penutupan KEJURDUN I 2021, bahwa di tahun 2021 hingga 2026 akan di selenggarakan kejuaraan Pencak Silat PSHT bagi usia remaja dan usia dewasa setiap tahun genap dan tahun ganjil. Pada tahun ke lima, yaitu itu 2026 akan kembali di adakan KEJURDUN II sebagai puncak kejuaraan di lingkungan PSHT”, jelas Ribut Giyono. (*/red).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply