Eksekutif Dengarkan Jawaban Legislatif Atas Pendapat Bupati Terkait Raperda Inisiatif

Eksekutif Dengarkan Jawaban Legislatif Atas Pendapat Bupati Terkait Raperda Inisiatif

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) menggelar Rapat Paripurna, dalam rangka penyampaian Jawaban Legislatif Atas Pendapat Bupati Terhadap 2 Buah Raperda Inisiatif di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kab. Tanbu, Senin (18/07/2022).

Disampaikan H Supiansyah ZA selaku Ketua DPRD Tanbu, yang diwakili oleh Wakil Ketua II DPRD Tanbu Agoes Rakhmadi, bahwa pihak legislatif menyampaikan, apresiasi terhadap pihak eksekutif yang telah memberikan tanggapan positif dan secara garis besar telah menerima dua buah raperda yang diinisiasi oleh DPRD Tanbu.

Pertama terkait dengan Raperda Tentang Desa Wisata, pihaknya sepakat dengan pendapat pihak eksekutif bahwa raperda ini, diharapkan mempunyai peranan penting untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu, melalui pemerataan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik desa, serta mengangkat dan melindungi nilai budaya agama adat istiadat, dan serta menjaga kelestarian alam.

Selain itu penekanan-penekanan substansi Raperda Tentang Desa Wisata ini, tentunya untuk meningkatkan pemberdayaan desa melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta pemanfaatan sumber daya melalui penetapan kebijakan program kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian terkait pendapat eksekutif terhadap Raperda Penyelenggaraan Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, bahwa Perda ini diharapkan pihak legislatif dapat menumbuhkan dan mengembangkan koperasi dan usaha mikro di Kabupaten Tanah Bumbu, yang akan diakomodir dalam raperda ini melalui pengaturan, pemberdayaan, pembangunan dan perlindungan koperasi dan usaha mikro di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pemerintah Daerah juga nantinya harus mengeluarkan kebijakan, dalam mendorong dan memberikan kemudahan perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro serta peluang berusaha di Kabupaten Tanah Bumbu.

Namun, meski pihak eksekutif telah menerima dua buah raperda inisiatif dari DPRD Tanah Bumbu, pihak legislatif secara terbuka masih membutuhkan masukan dan saran yang dapat disampaikan pada tahapan pembicaraan selanjutnya, agar dua buah raperda ini bisa semakin baik dan berjalan secara maksimal.

“Pendapatan eksekutif termasuk semua masukan dan saran terhadap dua buah raperda inisiatif ini nantinya, akan menjadi bahan untuk menyempurnakan Raperda ini, sehingga melalui Bapemperda DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, 2 buah raperda ini akan dilakukan pembahasan dalam agenda pembicaraan selanjutnya,” kata Agoes.

Adapun rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Tanbu Said Ismail Kholil Alaydrus dengan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Hj Mariani, para pejabat instansi vertikal, Forkopimda Tanbu serta instansi terkait lainnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *