Tingkatkan Budaya Literasi, Dispersip Adakan Bedah Buku

Tingkatkan Budaya Literasi, Dispersip Adakan Bedah Buku

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Dispersip Tanah Bumbu) menggelar Talk Show dan Bedah Buku, di Ruang Studio Mini (Ruang Transformasi Perpustakaan Daerah), Rabu (2/11/2022).

Kegiatan dimulai pada pukul kurang lebih 09.20 Wita, kegiatan Bedah Buku dengan profil Novel Xinjiang’s Tears karya Maria Ispri.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dispersip Kab Tanbu, Yulia Rahmadhani diwakili oleh, Sekretaris Dispersip Muhammad Saleh.

Dalam kesempatannya, ia menyampaikan bahwa Bedah Buku merupakan suatu kegiatan mengungkapkan isi suatu buku yang ditulis oleh sang penulis secara lugas, untuk mengenalkan makna atau isi buku tersebut.

Tujuan Bedah Buku, ialah demi meningkatkan budaya literasi dalam pengembangan menulis, mendorong dan mengembangkan potensi dan kapasitas penulis untuk menciptakan karya-karyanya.

Selain itu, Bedah Buku sebagai referensi pembelajaran bagi para pembaca maupun pelajar, yang dinilai mampu memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi para pecinta karya tulis.

“Bedah Buku juga dapat merangsang inspirasi dan semangat bagi pecinta karya tulis, serta timbulnya motivasi untuk belajar menjadi seorang penulis. Ini menjadi sumber pengetahuan, bagi non penggiat maupun penggiat literasi, pembentukan tradisi yang terawat dan menjadi wadah sumber pengalaman bagi kita semua. Disamping itu kegiatan ini menyatukan kita, dalam menjalin komunikasi dan silaturrahmi, sehingga bisa saling bertukar pendapat dan ilmu, dalam melakukan upaya peningkatan kualitas literasi di Tanah Bumbu,” katanya.

Dispersip Tanah Bumbu, terus berbenah, memiliki sistem pelayanan yang terbuka dalam menyediakan fasilitas untuk membaca dan berkreativitas bagi penggiat literasi di Perpustakaan Daerah.

Diantaranya menyediakan Ruang Pojok Baca Digital dan Perpustakaan Mini, salah satunya yang berlokasi di Area Pasar Minggu/ Taman Edukasi.

Hadir dalam kegiatan ini, Pejabat Sekretaris Dispersip Muhammad Saleh, Kabid PLPBP Alden Ibrahim, Kabid P2KM Dedy Bodin, Narasumber dari SMAN 1 Karang Bintang, Ria Yuli Fitriastutik dan Penulis Lokal Tanah Bumbu, Disnakertrans, dan tamu undangan. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply