Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Tanbu Dorong Keberadaan Guru Penggerak

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Tanbu Dorong Keberadaan Guru Penggerak

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kegiatan yang bertempat di Pendopo Serambi Madinah pada Selasa (24/10/2023) ini juga mencakup Sosialisasi Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) dan Calon Guru Penggerak (CGP) Reguler Angkatan 11.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tanbu, Amiluddin, dalam laporannya, menekankan peran guru sebagai kunci bagi pendidikan berkualitas.

Menurut Amiluddin, guru adalah motor penggerak dalam perkembangan peserta didik dalam memahami ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Sehingga keberadaan guru harus mendapat perhatian prioritas agar mampu menjalankan peran dan tugasnya di satuan pendidikan,” kata Amiluddin.

Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi terkait program peningkatan kompetensi bagi guru, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Ia berharap semua guru di Tanah Bumbu dapat memperkaya kemampuan mereka dan termotivasi untuk mengembangkan diri, sehingga dapat menjadi guru yang menghasilkan peserta didik yang cerdas di Bumi Bersujud.

Disampaikan Amiluddin saat ini di Tanah Bumbu, ada 25 guru penggerak yang telah menerima pelatihan, dengan rincian 1 guru di jenjang TK, 8 guru di jenjang SD, 9 guru di jenjang SMP, dan 7 guru di jenjang SMA.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) H. Ambo Sakka dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya keberadaan guru penggerak.

Berkaca dari data yang disampaikan Kadisdik, menurut Sekda jumlah guru penggerak di Tanbu saat ini sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan jumlah guru penggerak di daerah.

Sekda menyatakan bahwa guru penggerak dapat menjadi penggerak perubahan dalam masalah pendidikan di sebuah daerah. Untuk itu Ambo Sakka berharap para guru dapat bersaing untuk menjadi guru penggerak sehingga jumlah guru penggerak di Tanah Bumbu dapat semakin ditingkatkan.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar yang diwakili oleh Sekda H. Ambo Sakka, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalsel Dr. Abdul Kamil Marisi, pejabat di lingkup Pemkab Tanbu, Kepala Dinas Pendidikan Tanbu Amiluddin, Komite Percepatan Daerah, Kepala Sekolah beserta guru jenjang TK, SD, SMP Negeri, dan swasta di Tanbu. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top